Gunungsari Paling Rawan Bencana

Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kota Batu mewaspadai terjadinya bencana alam di Kota Batu, menjelang datangnya musim penghujan yang akan segera datang. Ratusan relawan Tagana yang tersebar di tiga kecamatan telah disiagakan untuk selalu siaga dalam menanggulangi bencana yang terjadi.

Dalam waktu dekat, relawan Tagana Kota Batu akan melakukan pelatihan rescue gabungan dengan relawan Tagana lainnya di Jawa Timur. Untuk melatih kembali kesiapan relawan dalam membantu masyarakat menanggulangi bencana yang dapat terjadi sewaktu-waktu.

“Semua relawan Tagana telah siap siaga. Kapanpun dibutuhkan dan diperlukan, kami siap untuk membantu masyarakat, mulai dari personil hingga dapur umum,” kata pengurus Tagana Kota Batu, Simon Purwo Ali kepada Malang Post, kemarin.

Tagana mewaspadai titik-titik rawan bencana yang ada di Kota Batu. Dari hasil penelusuran yang dilakukan Tagana, beberapa daerah yang rawan bencana antara lain, Desa Tlekung, Desa Gunungsari, Desa Sumber Brantas, Sumberejo dan lainnya. Dari beberapa daerah yang tercatat rawan bencana, Desa Gunungsari yang dianggap paling rawan terjadinya bencana tanah longsor. Dengan kontur tanah yang miring dan berbukit.

Setiap kali turun hujan, Tagana selalu memonitoring daerah-daerah yang rawan bencana bekerjasama dengan beberapa pihak yang terkait.

Sama dengan Tagana, Linmas Kota Batu juga mewaspadai 11 titik rawan bencana yang dapat terjadi di Kota Batu. Dusun Brau di Desa Gunungsari, salah satu titik rawan bencana yang mendapatkan pantauan serius. Karena dianggap paling rawan dari 10 titik rawan bencana lainnya.

“Desa Gunungsari memang yang paling rawan. Kami terus melakukan monitoring. Relawan yang bertempat tinggal di lokasi atau yang berdekatan, juga selalu melakukan monitoring,” ungkap ketua Karang Taruna Kota Batu itu.

Selama ini, Tagana Kota Batu selalu turut andil dalam penanganan dan penanggulangan bencana yang terjadi di Kota Batu ataupun yang terjadi diluar Kota Batu, mulai dari membantu penanggulangan bencana lumpur Lapindo, gempa di Bantul, Aceh dan lainnya hingga meletusnya Gunung Kelud di Kediri, Tagana KOta Batu ikut aktif membantu masyarakat. (aim) (Muhaimin/malangpost)

Iklan

Tinggalkan komentar

Filed under Batu, Berita, Malang Raya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s