HMM Unisma Pamerkan Alat Peraga Gempa

Tim dari HMM Unisma memperagakan alat simulasi gempa jenis likuifasi. (Lailatul Rosida/Malang Post)

Tim dari HMM Unisma memperagakan alat simulasi gempa jenis likuifasi. (Lailatul Rosida/Malang Post)

Kreatifitas mahasiswa yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Mesin (HMM) Universitas Islam Malang (Unisma) mendapatkan apresiasi dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Setelah sebelumnya dipercaya untuk membuat alat sosialisasi gempa, kali ini tim HMM kembali diundang di ajang pameran tingkat nasional LIPI. Kali ini yang dibawa mahasiswa adalah alat simulasi gempa jenis likuifasi.

“Sebelumnya kami membuat alat peraga gempa subsduksi, yang menggambarkan peristiwa gempa. Kali ini kami mencoba menggambarkan jenis lapisan tanah di muka bumi ini dan pengaruhnya jika ada gempa,” kata koordinator tim, Anam Syarofal kepada Malang Post.

Alat tersebut mencoba memberikan pengetahuan sederhana, mengapa jika gempa terjadi ada gedung yang ambles dan hingga miring. Digambarkan bagaimana struktur tanah yang gembur membuat gedung ambles saat gempa terjadi. Kondisi ini pula yang terjadi pada menara Pizza Italia yang miring. Bukan karena sengaja dibuat miring, tapi karena lapisan tanah gembur yang ada di bawahnya. Lapisan tanah gembur ini di Indonesia banyak terdapat di daerah Kalimantan. Karena itu, dengan alat peraga ini diharapkna masyarakat tidak lagi panik jika gempa mengakibatkan gedung ambles atau miring. “Peristiwa itu dikarenakan struktur tanah yang kurang stabil di bawahnya, dan semua daerah berpotensi mengalami hal ini,” tuturnya.

Sementara itu, alat yang menghabiskan dana hingga Rp 3 juta itu rencananya akan dipamerkan di Taman Pintar Yogya. Ada 10 tim dari anggota HMM yang akan berangkat ke arena pameran. (oci/udi) (Lailatul Rosida/malangpost)

Iklan

Tinggalkan komentar

Filed under Berita, Malang, Malang Raya, Pendidikan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s