Pendaftaran Anggota KPU Dibanjiri Peminat

Pendaftaran Calon Anggota KPUD Kota Malang periode 2008-2013, hari pertama langsung dibanjiri peminat. Hingga pukul 16.00 kemarin, tercatat sudah 38 orang yang mendatangi kantor KPUD Kota Malang, Jalan Bantaran Nomor 6 untuk mengambil formulir pendaftaran seleksi.

Dari pantauan Malang Post, puluhan pendaftar itu berasal dari berbagai profesi. Mulai dari anggota PPK dan PPS, anggota Jaring Pengaman Sosial (JPS), hingga mantan Ketua Panwaslu Kota Malang untuk Pileg dan Pilpres 2004, M Syafik yang telah mengambil formulir pendaftaran. Uniknya Kasubag Hukum dan Humas KPUD Kota Batu, Sudirman, yang juga masih berstatus PNS di Kota Batu juga mengambil formulir pendaftaran di Kota Malang.

“Meski saya tercatat sebagai PNS di Kota Batu, tetapi domisili saya di Kota Malang. Karena alasan itu, saya mendaftar sebagai anggota KPUD Kota Malang,” ujar Sudirman kepada Malang Post setelah mengambil formulir pendaftaran.

Pendaftaran seleksi anggota KPUD Kota Malang memang khusus untuk masyarakat yang memiliki domisili di Kota Malang. Ini dibuktikan dengan Kartu tanda Penduduk (KTP) yang harus ditunjukkan pada saat pengambilan formulir. Karena itu, ketika ada pendaftar yang berdomisili di Singosari, panitia penerimaan pendaftaran tidak menerima dan mengarahkannya untuk mengikuti pendaftaran sesuai domisilinya.

Selain ada pendaftar yang kecele karena domisili ini, ada juga pendaftar yang kecele karena faktor usia. Dalam persyaratan pendaftaran disebutkan, usia minimal anggota KPU adalah 30 tahun. Tetapi ada beberapa peminat yang mendatangi kantor KPU yang masih berusia 27 tahun. Sehingga mereka akhirnya pulang tanpa membawa formulir pendaftaran seleksi.

Selain persyaratan domisili dan usia, pendaftar juga wajib memenuhi persyaratan lainnya. Beberapa persyaratan penting yang harus mereka penuhi di antaranya adalah surat keterangan sehat jasmani dan rohani dari rumah sakit pemerintahan, SKCK atau surat keterangan tidak pernah dipenjara karena tindak pidana yang memiliki ancaman hukuman minimal 5 tahun, serta pernyataan diri bukan anggota partai selama kurun waktu 5 tahun ini, dan kesediaan mengundurkan diri dari jabatan politik, jabatan struktural dan jabatan fungsional dalam jabatan negeri.

Sementara itu, dari catatan yang dimiliki panitia penerimaan pendaftaran, masih belum terlihat nama-nama anggota KPUD Kota Malang yang mendaftar untuk periode 2008-2013 mendatang. Anggota KPUD Kota Malang, Wahyu Ida Herawati mengatakan, ada keinginan untuk mendaftar di periode berikutnya, namun ia akan melakukannya di hari-hari terakhir pendaftaran.

“Saat ini saya lebih memilih mempersiapkan berkas persyaratannya, seperti SKCK ataupun berkas-berkas lainnya. Biar nanti setelah mengambil formulir pendaftaran langsung mengembalikan tanpa menunggu lama,” kata Ida. (nda/udi) (Adinda Zaeni/malangpost)

Iklan

Tinggalkan komentar

Filed under Berita, Malang, Malang Raya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s