54 Jembatan Dikebut Penyelesaiannya

Proyek pembangunan jembatan di desa Sumberpasir Kecamatan Pakis, harus selesai dalam waktu 90 hari. (Bagus Ary Wicaksono/Malang Post)

Proyek pembangunan jembatan di desa Sumberpasir Kecamatan Pakis, harus selesai dalam waktu 90 hari. (Bagus Ary Wicaksono/Malang Post)

Dinas Binamarga Kabupaten Malang melakukan perbaikan secara serentak terhadap 54 jembatan yang tersebar di 33 Kecamatan. Proyek peningkatan jembatan tersebut dianggarkan melalui pos Dana Alokasi Umum dengan jumlah mencapai Rp 75 Miliar. Binamarga menargetkan seluruh proyek rampung pada bulan Desember mendatang.

Kepala Dinas Binamarga Kabupaten Malang M. Anwar mengatakan klasifikasi peningkatan jembatan di tiap lokasi berbeda-beda. Pengerjaan proyek menurut dia fokus terhadap penetrasi (pelebaran) serta perombakan struktur jembatan. Jembatan yang diperbaiki dipilih yang masuk kategori prioritas rangking I hingga ranking III.

“Dilihat dari persentase LHR (Lalu Lintas Harian), kelas jalan serta tingkat kerusakan,” katanya ditemui Malang Post diruang kerjanya, kemarin.

Anwar menambahkan, Binamarga mempunyai kewajiban perawatan berkala terhadap sekitar 395 buah jembatan di Kabupaten Malang. Jika diukur dalam satuan kilometer maka panjang jembatan tersebut mencapai 3315 km. Berdasarkan pendataan yang dilakukan tim di lapangan, tercatat 20 persen jembatan masih memakai struktur lama.

“Yang 80 persen kondisinya baik, sisanya masih memakai rangka pondasi lama, belum dibeton,” imbuhnya.

Menurut Anwar, perbaikan 54 buah jembatan itu termasuk proyek pembangunan empat buah jembatan di Jalinbar (Jalur Lingkar Barat). Kata dia, proyek tersebut menelan anggaran Rp 13,7 Miliar dari pagu awal sebesar Rp 14 Miliar. Namun nilai tersebut hanya dihabiskan untuk pengerjaan pembangunan pondasi jembatan.

“Biaya pembangunan seluruh bangunan jembatan hingga selesai, diperkirakan menelan angka Rp 52 Miliar,” pungkas Anwar.(ary/eno) (Ary Wicaksono/malangpost)

Iklan

1 Komentar

Filed under Berita, Kabupaten Malang, Malang Raya

One response to “54 Jembatan Dikebut Penyelesaiannya

  1. +maya resa ahmad

    jalan jembatan pakis minta tolong jangan sampai di nilai pengendara atau pengguna jalan sebagai hasil sumbangan yang diminta di jalan jembatan tersebut.
    padahal itu dana negara kok masih diminta sumbangan sukarela di pasir pakis tersebut terlebih ada yang berdalih untuk musolla ada yang menurut beberapa orang di buat pribadi.Bahkan saya pernah mendengar di buat beli kebutuhan pulsa mereka tapi karena tidak ada bukti pihak berwenang bisa memonitor hal tersebut.
    trims

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s