Dari PKN Sampai Hot Spot

Praktek Kerja Nyata (PKN) terpadu adalah program baru yang diselenggarakan di Politeknik Kesehatan (Poltekkes) Departemen Kesehatan (Depkes) Malang. Program itu mulai dilaksanakan sejak 2007 lalu. Pelaksanaannya dikembangkan di Jember, Blitar dan Malang.

Melalui PKN itu, ada satu misi yang ingin diraih. Yaitu pembekalan soft skills untuk mahasiswa Poltekkes Depkes Malang. “Soft skills ini sangat penting diberikan untuk mahasiswa. Sebab kesuksesan mahasiswa itu tidak hanya ditunjang oleh kemampuan akademis atau hard skills saja, 80 persen yang berperan adalah soft skills nya,” ungkap Pembantu Direktur (Pudir) I Poltekkes Depkes Malang, I Dewa Nyoman Supariasa, MPS kepada Malang Post, kemarin.

Ahli Gizi lulusan University of The Philipine ini menuturkan, kemampuan soft skills yang penting dimiliki lulusan ilmu kesehatan, diantaranya melayani dengan tulus ihlas, senyum, kata-kata yang bersifat terapiotik atau menyembuhkan, teknik komunikasi yang baik, melayani masyarakat dengan baik, kolaborasi dan berorganisasi.

Kemampuan soft skills tersebut akan dibekalkan kepada calon lulusan sebelum mereka terjun ke masyarakat. Karena itu, sifatnya wajib untuk semua calon wisudawan.

Lebih jauh Dewa menuturkan, program KKN terpadu ini dilaksanakan selama tiga minggu. Dilaksanakan di desa-desa yang sudah dipilih. Kegiatan dilakukan dengan pendampingan oleh dosen.

Keseriusan Poltekkes Depkes Malang untuk mencetak alumni yang unggul tidak hanya diwujudkan dengan program-program unggulan. Tapi, juga dengan sarana dan fasilitas pendidikan yang memanjakan mahasiswanya. Misalnya, fasilitas hot spot yang dipasang di sekitar area kampus. Dengan fasilitas itu, mahasiswa bisa bebas menggunakan internet 24 jam penuh. Karena itu, dibangun beberapa buah gazebo yang sering dipergunakan untuk fasilitas pembelajaran.

Karenanya, dosen Poltekes Depkes Malang kini lebih merasa enjoy mengajar di luar kelas daripada di dalam kelas. “Saya sendiri sering mengajak mahasiswa belajar di luar. Kami bisa asyik ber hot spot, udara segar dan pikiran pun menjadi lebih segar. Mahasiswa jadi lebih semangat belajar,” tuturnya. (oci/adv/sir) (Lailatul Rosida/malangpost)

Iklan

Tinggalkan komentar

Filed under Malang, Malang Raya, Pendidikan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s