Pemkab Tolak Damai dalam Kasus Jeru

Pemkab Malang menolak upaya damai atau mediasi dalam perkara perdata melawan mantan Kepala Desa Jeru Kecamatan Tumpang Freddy Prayitno. Perkara perdata tersebut menyoal kepemilikan lahan eks Taman Burung Jeru seluas sekitar 11,7 hektar. Freddy yang merasa memiliki lahan menggugat tiga pihak sekaligus yaitu Pemkab, Badan Pertanahan Nasional dan Camat Tumpang.

Kepala Bagian Hukum Pemkab Malang Bambang Sumantri menyatakan siap menunggu gugatan baru dari Freddy Prayitno. Menurut Bambang, lahan eks taman burung Jeru adalah aset Pemkab yang telah disertifikasi. Sehingga sertifikat tanah itu merupakan bukti otentik melawan gugatan Freddy.

“Kita menunggu gugatan baru dari kuasa hukum Freddy, siap karena tanah itu milik Pemkab,” katanya.
Bambang menambahkan, Pemkab Malang mengandalkan bukti otentik sertifikat tanah dalam proses Confirm Van Bewisy (pembuktian) nanti. Dia optimis Pemkab menang karena selama ini penggugat tidak pernah menunjukkan bukti sertifikat.

“Freddy belum pernah menunjukkan petok D atau akta tanah apapun,” ujarnya.

Seperti diberitakan Malang Post sebelumnya, versi gugatan Freddy tertulis bahwa tanah eks Taman Burung Jeru semula dimiliki 16 orang petani. Kemudian tanah tersebut dibeli Freddy secara berangsur pada tahun 1996 hingga 1998. Hanya saja, pihak penggugat mengakui belum pernah menyertifikatkan obyek tersebut atas namanya pribadi.

Disisi lain peralihan hak dari petani kepada pembeli, juga belum dituangkan di hadapan pejabat akte tanah. Peralihan hak itu dilakukan di bawah tangan dengan bukti kwitansi pembayaran dari Freddy selaku pembeli kepada masing-masing pemilik tanah asal.

“Yang jelas, uang untuk membeli semua tanah itu milik Freddy, dan semua kuitansi pembayaran tetap dipegang klien kami,” kata salah satu pengacara penggugat Waluyo S Putro saat itu.(ary/eno)
(Ary Wicaksono/malangpost)

Iklan

Tinggalkan komentar

Filed under Kabupaten Malang, Malang Raya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s