Masyarakat Sumbang Pembangunan Jalan Rp 134 Miliar

Pembangunan jalan dengan pola kemitraan di Kecamatan Singosari, pola itu menghemat beban anggaran pemerintah Kabupaten Malang. (Bagus Ary Wicaksono/Malang Post)

Pembangunan jalan dengan pola kemitraan di Kecamatan Singosari, pola itu menghemat beban anggaran pemerintah Kabupaten Malang. (Bagus Ary Wicaksono/Malang Post)

Sumbangan masyarakat Kabupaten Malang dalam pembangunan jalan kurun waktu 2003 hingga 2008 mencapai Rp 134 Miliar. Dana tersebut murni berasal dari swadaya masyarakat lewat pola pembangunan kemitraan. Jumlah itu jauh diatas bantuan dana dari Pemkab Malang, yang tak sampai 50 persennya.

Kepala Dinas Bina Marga Kabupaten Malang M. Anwar mengatakan bahwa kepedulian masyarakat ternyata amat tinggi. Ukuran tersebut terlihat dari animo masyarakat menyumbang uangnya dalam pola kemitraan pembangunan jalan. Anwar yakin, Pemkab Malang tidak bakal sanggup mengcover seluruh biaya pembangunan jalan secara mandiri.

“Sampai tahun 2008 ini masyarakat telah membantu pembangunan jalan sepanjang 2050 km,” kata Anwar kepada Malang Post.

Anwar menambahkan, pada tahun 2003 hingga tahun 2007, pola kemitraan berhasil membangun 1650 km jalan raya. Biaya yang dikeluarkan Pemkab Malang hanya sekitar Rp 35,9 Miliar. Sedangkan masyarakat menyumbang tiga kali lipat mencapai Rp 90,9 Miliar.

“Sedangkan pada tahun 2008 ini, pola kemitraan berhasil membangun jalan sepanjang 400 km dengan anggaran sekitar Rp 22 Miliar. Jumlah bantuan masyarakat dua kali lipat diatasnya,” aku Anwar.

Anwar menambahkan, pola kemitraan cukup efektif dalam mewujudkan akses jalan di Kabupaten Malang. Dikatakannya, Pemkab Malang cukup membantu aspal, sedangkan upah kerja serta material lain murni dari masyarakat. Program ini tak lepas dari kebijakan yang diluncurkan Bupati Malang Sujdu Pribadi.
“Ini semua merupakan kebijakan dari Bupati Malang Sujud Pribadi,” ujarnya.(ary/eno)
(Ary Wicaksono/malangpost)

Iklan

Tinggalkan komentar

Filed under Berita, Kabupaten Malang, Malang Raya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s