Pendaftar Kabupaten Membludak, Kota Stabil

Jumlah peminat pendaftaran anggota KPUD Kota Malang dari kalangan perempuan masih minim. (NOER ADINDA ZAENI/MALANG POST)

Jumlah peminat pendaftaran anggota KPUD Kota Malang dari kalangan perempuan masih minim. (NOER ADINDA ZAENI/MALANG POST)

Jumlah peminat pendaftaran Anggota KPUD periode 2008-2013 di Kabupaten Malang tercatat paling banyak dibanding daerah lainnya di Malang Raya. Hingga pukul 15.00 kemarin, formulir pendaftaran yang dikeluarkan panitia pendaftaran KPUD Kabupaten Malang sebanyak 106 formulir.

Kota Malang yang memiliki 5 kecamatan berada di urutan kedua, yakni dengan jumlah 95 formulir yang telah diambil calon pendaftar. Sedangkan Kota Batu hingga kemarin sore masih mengeluarkan formulir pendaftaran sebanyak 31 formulir.

Kasubag Program dan Data KPUD Kabupaten Malang, Basilius Lima mengatakan, banyaknya jumlah peminat di Kabupaten Malang disebabkan karena sosialisasi yang dilakukan KPUD untuk pendaftaran ini sangat gencar. Tidak hanya melakukan sosialisasi melalui media massa, KPUD juga meminta kepada para anggota PPK dan PPS memberitahukan pengumuman ini kepada masyarakat sekitarnya.

“Jumlah ini belum terhitung dari mereka yang berusia 30 tahun ke bawah. Ada sekitar 15 orang yang berusia 30 tahun ke bawah yang ingin mengikuti seleksi anggota KPUD periode mendatang. Tetapi sesuai dengan ketentuan yang ada, keinginan mereka terpaksa kami tolak,” ujar pria yang akrab disapa Bas ketika dihubungi Malang Post, kemarin.

Di KPUD Kota Malang, jumlah peminat dari hari ke hari bisa dikatakan stabil. Hari pertama tercatat 38 orang yang mengambil formulir, hari kedua sekitar 27 orang dan hari ketiga 30 orang. Sehingga total hingga kemarin tercatat sebanyak 95 orang yang sudah meminta formulir pendaftaran. Dari jumlah pengambil formulir hingga hari ketiga ini, panitia seleksi memprediksi jika jumlah pendaftar seleksi di Kota Malang naik 100 persen dibanding jumlah pendaftar di periode lalu.

“Lima tahun lalu, jumlah pendaftar untuk seleksi KPUD Kota Malang sebanyak 75 orang. Untuk periode lima tahun ke depan, kemungkinan jumlah pendaftarnya menjadi dua kali lipat. Di hari ketiga saja, jumlah peminatnya sudah mendekati angka 100. Meski tidak semua yang akan mengembalikan, tetapi kami memprediksi jika pendaftar kali ini bisa mencapai angka 150,” kata Kasubag Program dan Data KPUD Kota Malang, Abdul Hasan Anang.

Sementara itu, meski secara angka yang paling rendah, tim seleksi anggota KPUD Kota Batu menganggap jika minat masyarakat Kota Batu terhadap seleksi ini sangat tinggi. Pasalnya, jika diprosentasekan dengan jumlah penduduk Kota Batu yang jauh lebih kecil dibanding Kota dan Kabupaten Malang, jumlah ini terbilang besar.

“Wajar saja kalau peminat di Kota Batu masih berada di angka 30-an, karena jumlah penduduk di sini juga jauh lebih kecil dibandingkan Kota dan Kabupaten Malang. Kemungkinan total keseluruhan jumlah pendaftar untuk KPUD Kota Batu sebanyak 40 orang,” ujar Sekretaris Tim Seleksi KPUD Kota Batu, Wasis. (nda/udi) (Adinda Zaeni/malangpost)

Iklan

Tinggalkan komentar

Filed under Batu, Berita, Kabupaten Malang, Malang, Malang Raya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s