Pendaftaran Merek Dagang Meningkat

Kesadaran pelaku ekonomi mendaftarkan merek dagangnya untuk dipatenkan terus tumbuh. Hal ini bisa diketahui dari kantor pelayanan hak patent di Kota Malang, yaitu Gunadi Handoko Law Firm. Menurut Gunadi, ha tersebut merupakan cermin kesadaran hokum para pelaku ekonomi di Kota Malang.

Bahkan untuk merek dagang level-level kecil sudah banyak pelaku usaha yan mendaftarkan produknya untuk dipatenkan.

“Ini bukti bahwa kesadaran pelaku usaha untuk mematenkan merek produknya tidak hanya dimiliki oleh pengusaha rokok. Tetapi, pengusaha makanan dan minuman yang berskala kecil pun sudah mulai mematenkan produk hasil karyanya tersebut,” ujar Gunadi.

Selain makanan dan minuman, pelaku usaha program komputer juga banyak yang mendaftarkan merek dagangnya untuk dipatenkan. Selama dua tahun dirinya melayani hak paten, setidaknya klien yang ditanganinya sudah berjumlah ratusan.

“Selama ini, pendaftaran hak paten memang masih menjadi permasalahan tersendiri bagi pelaku usaha. Sebelumnya, faktor utama yang paling merisaukan adalah jauhnya jarak. Mereka harus ke Surabaya atau Jakarta. Kini tidak lagi,” imbuhnya.

Dari sisi biaya, lanjutnya, pendaftaran hak kekayaan intelektual juga tidak terlalu mahal. “Untuk sebuah kekayaan intelektual biaya Rp 1,5 juta tidak mahal. Dari pada, ketika merek dagang sudah terkenal, lalu ada pihak lain yang juga menggunakan merek dagang tersebut. Ini kan jadi problem, mau menuntut tidak bisa karena memang belum dipatenkan,” urainya.

Dengan biaya Rp 1,5 juta, lanjutnya, hak paten sebuah merek dagang bisa diselesaikan dalam kurun waktu kurang lebih 1,5 tahun. “Untuk mematenkan sebuah nama atau merek dagang memang membutuhkan waktu untuk berbagai keperluan seperti, survey, penggalian data dan lain sebagainya,” jelasnya. (sin/han) (Sinyo Suwignyo/malangpost)

Iklan

Tinggalkan komentar

Filed under Malang, Malang Raya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s