Puluhan Sekolah Terima Matching Grant

Kunti Nur Sasiati, (kanan) saat memandu pelaksanaan bimbingan teknis di SMPN 18 Malang kemarin (Lailatul Rosida/Malang Post)

Kunti Nur Sasiati, (kanan) saat memandu pelaksanaan bimbingan teknis di SMPN 18 Malang kemarin (Lailatul Rosida/Malang Post)

Puluhan sekolah jenjang SMP di Kota Malang mendapat bantuan matching grant. Yakni bantuan untuk penambahan ruang kelas baru (RKB) di tingkatan SMP. Matching grant ini mengisyaratkan agar penerima bantuan melaksanakan penambahan RKB dengan dana 75 persen dari APBN dan 25 persen menggunakan dana sharing dari sekolah.

“Matching grant ini diharapkan bisa dimanfaatkan untuk mewujudkan kelas ideal di SMP. Sebab saat ini satu kelas isinya masih cukup padat antara 40-42 siswa,” ungkap Kasi Sarana Prasarana Pendidikan Menengah (Dikmen) Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Malang, Kunti Nur Sasiati S.Tp kepada Malang Post.

Meski penggunaan dana blockgrant diisyaratkan untuk penambahan ruang kelas, namun sekolah bisa menggunakannya untuk laboratorium, ruang multimedia maupun perpustakaan.

Jika dana sudah dicairkan, maka diharapkan tiga bulan setelah pencairan pembangunan sudah bisa diselesaikan. Karena itu diharapkan sekolah mulai memikirkan dana sharing yang harus dipenuhi sesuai dengan besaran bantuan blockgrant yang diterima.

“Karena sekarang ini sekolah belum boleh menarik dana partisipasi dari masyarakat, maka cukup sulit mengelolanya. Karena itu, sekolah harus mulai memikirkan dari mana dana bisa diperoleh jika sudah cair blockgrantnya,” ungkapnya.

Sementara itu kemarin dilakukan bimbingan teknis kepada para penerima blockgrant. Bimbingan teknis dilaksanakan di SMPN 18 Malang. Untuk tahap pertama, dicairkan kepada 20 sekolah sebesar Rp 3,271 Miliar, tahap ke dua untuk 15 sekolah dengan dana sebesar Rp 1,220 Miliar, tahap ke tiga kepada dua sekolah dengan dana Rp 164 Juta, tahap ke empat kepada satu sekolah sebesar Rp 171 Juta, dan tahap ke lima kepada dua sekolah dengan dana Rp 184 Juta. (oci/eno) (Lailatul Rosida/malangpost)

Iklan

Tinggalkan komentar

Filed under Berita, Malang, Malang Raya, Pendidikan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s