Satpol PP Rekrut Relawan

Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Pemkab Malang merekrut sukarelawan untuk membantu operasional tugas satuan ini. Sejak seminggu terakhir, sekitar 22 personel relawan terlihat berlatih di sekitar lingkungan Sekretariat Pemkab Malang. Nies Sulistyowati, Kepala Satpol PP Pemkab Malang, ketika dikonfirmasi di kantornya, Kamis (23/10), menolak menyebut masuknya relawan itu sebagai rekrutmen. “Kalau rekrutmen, saya kan harus pasang pengumuman di media massa. Selain itu, proses rekrutmen adalah wewenang Badan Kepegawaian Daerah (BKD),” kata Nies.

Nies mengungkapkan, personel di satuan kerja perangkat daerah (SKPD) yang dia pimpin sebenarnya kurang. Mengingat wilayah Kabupaten Malang cukup luas, idealnya tenaga kerja di satuannya berjumlah sekitar 300 orang lebih. Namun, untuk menutup kekuarangan itu dia terbentur PP No 48/2005 yaitu adanya larangan merekrut pegawai/karyawan.

Saat ini, untuk operasional Satpol PP memiliki 80 tenaga kerja. Rinciannya, 20 orang administrasi dan 60 orang untuk kegiatan operasional.

Dari 60 personel itu dibagi dalam enam regu (satu regu 10 orang). Empat regu membantu kegiatan operasional, sedang yang dua regu dioperasionalkan di kantor-kantor.

Yang jelas, ungkap Nies, pihaknya mengambil sukarelawan tidak ada kaitannya dengan Pemkab Malang, tetapi untuk memenuhi kebutuhan satuannya. Sebab, honor mereka diberi jika ada kegiatan operasional. “Bahkan, soal seragam relawan saya belum memikirkannya,” kata Nies.

Tulus Hariyanto, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Pemkab Malang mengaku sudah mengetahui pengambilan relawan itu. “Secara lisan sudah ada komunikasi dengan Bu Nies terkait ini,” ungkap Tulus.
Ia menilai perekrutan itu boleh karena sifatnya seperti bantuan. “Seperti halnya bantuan polisi (banpol) dengan adanya supeltas karena jumlah polisi lalu lintas tidak mencukupi,” pungkasnya.
(vie/surya)

Iklan

Tinggalkan komentar

Filed under Berita, Kabupaten Malang, Malang Raya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s