Siswa SMPI Sabilillah Belajar Pajak

Harro Timbul Nainggolan saat memberikan penjelasan pada ratusan siswa SMP Islam Sabilillah tentang pajak kemarin. (Lailatul Rosida/Malang Post)

Harro Timbul Nainggolan saat memberikan penjelasan pada ratusan siswa SMP Islam Sabilillah tentang pajak kemarin. (Lailatul Rosida/Malang Post)

Belajar hal baru, tidak harus dari guru di sekolah saja. Tapi belajar di lapangan pun bisa dilibatkan. Model pembelajaran dengan melibatkan pengajar luar ini sudah akrab pada pola pendidikan di Malang.

Seperti di kantor pelayanan pajak pratama Malang selatan kemarin. Sekitar 126 siswa SMP Islam Sabilillah mendapatkan materi pajak di sana. Menariknya, materi ini diberikan langsung oleh kepala kantornya yakni Harro Timbul Nainggolan. Dengan penuh semangat, Harro mencoba membuka wawasan para siswa mengenai pajak.

“Kalian semua bisa menjadi duta pajak, untuk menyadarkan masyarakat agar sadar pajak. Kalau orang tua kalian punya penghasilan di atas Rp 1,5 Juta, tanyakan apakah mereka sudah membayar pajak. Kalau belum tugas anak-anak semua laporkan kepada saya,” ungkap Harro yang disambut anggukan kepala dari siswa.

Harro juga menjabarkan kepada siswa bagaimana prosedur pembayaran pajak di kantor pajak yang ada di Malang. Mulai dari cara mengurus Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), hingga berapa kewajiban pajak mereka. Ia juga menegaskan, sosialisasi tentang kewajiban membayar pajak ini perlu lebih ditingkatkan. Sebab faktanya, dari 60 ribu orang di Malang raya ini, baru tujuh ribu orang saja yang punya NPWP.

Program studi wisata yang digelar SMPI Sabilillah kemarin menurut Kepala sekolah Syamsul Hadi S.Pd M.Pd menjadi agenda rutin bulanan sekolah. Program ini dilakukan dengan harapan bisa menanamkan jiwa kebangsaan kepada siswa. Di dalam misi itu, anak-anak diajak terjun ke masyarakat langsung seperti ke kantor pajak agar menjadi warga negara yang taat membayar pajak.

“Dengan pembelajaran seperti ini, anak tidak hanya lihat dari buku. Tapi bisa diskusi langsung dengan pelaku-pelaku pajak. Mendengarkan penjelasan langsung, sehingga wawasan mereka terbuka,” tuturnya. (oci/eno) (Lailatul Rosida/malangpost)

Iklan

Tinggalkan komentar

Filed under Berita, Malang, Malang Raya, Pendidikan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s