SMK Terlambat Serahkan Data Nominasi UN 2009

Hingga deadline penyerahan nominasi calon peserta Ujian Nasional (UN) 2009 Rabu (23/10) kemarin, masih ada beberapa SMK yang belum menyelesaikan pendataannya. Padahal, Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Malang harus sudah menyerahkan data nominasi ini kepada Propinsi paling lambat pada 31 Oktober mendatang.

“Seharusnya nominasi SMK sudah masuk hari ini, sehingga kami masih ada waktu untuk melakukan koreksi apakah ada penyusunan data yang salah. Kalau sudah di kirim ke provinsi diharapkan sudah tidak ada kesalahan lagi,” ungkap Kasi Kurikulum Pendidikan Menengah (Dikmen) Disdik Kota Malang Suyitno SH kepada Malang Post.

Nominasi calon peserta UN ini kata dia selain dipergunakan untuk pendataan peserta, juga sebagai bahan penentuan bagi propinsi sekolah mana saja yang berhak menjadi sekolah penyelenggara UN atau sekolah penggabung.

Sebab ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi untuk menjadi sekolah penyelenggara UN. Misalnya saja, sekolah harus sudah terakreditasi dan masa akreditasinya belum habis. Terutama untuk sekolah swasta, harus pula menyerahkan bukti masih berlakunya izin operasional sekolah. Jika tidak, sekolah yang bersangkutan tidak boleh menyelenggarakan UN sendiri.

“Aturan ini sudah ditetapkan pusat, bahkan Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) pun sudah menjelaskannya dalam aturan pelaksanaan UN,” tuturnya.

Lebih jauh Suyitno menuturkan bisa menyelenggarakan UN sendiri dan tidak menggabung pada sekolah lain menjadi prestise bagi sekolah. Sebab dengan demikian, sekolah pun bisa menunjukkan eksistensinya kepada masyarakat. Karena sekolah penggabung tidak berhak menandatangani ijazah lulus siswanya. Tapi tandatangan ijazah harus dilakukan oleh kepala sekolah penyelenggara tempat bergabungnya.

“Karena itu, persyaratan kelengkapan nominasi ini sangat penting. Jangan sampai ada kesalahan pendataan, sehingga sekolah yang berhak menyelenggarakan UN jadi tidak berhak,” tegasnya.
Jika pendataan untuk nominasi SMK ini rampung, menurut dia dalam waktu dekat pendataan untuk SMA akan dilaksanakan. Setidaknya November ini pendataan sudah akan dimulai. (oci/eno)
(Lailatul Rosida/malangpost)

Iklan

Tinggalkan komentar

Filed under Berita, Malang, Malang Raya, Pendidikan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s