Kerjabakti Jelang Penilaian Adipura

Taman Ronggowarsito yang sulit perawatannya karena keberadaan PKL kemarin dibersihkan secara bersama-sama. (MUFLIKH FARID/MALANG POST)

Taman Ronggowarsito yang sulit perawatannya karena keberadaan PKL kemarin dibersihkan secara bersama-sama. (MUFLIKH FARID/MALANG POST)

Pagi kemarin, suasana di sekitar Jalan Trunojoyo dan Jalan Kertanegara ramai. Sekitar 200 orang bahu membahu membersihkan taman dan jalan di area tersebut sejak pagi hari. Di antara yang terlibat adalah personel TNI, warga Kecamatan Klojen, dan Kelurahan Klojen serta Paguyuban PKL Trunojoyo dan Sriwijaya. Instansi yang berlokasi di sekitar juga ikut turun tangan seperti Dinas Pasar, Dinas Pendapatan dan Malang Post.

Kerja bakti berbagai elemen masyarakat ini merupakan agenda rutin Jumat bersih yang dilakukan oleh Dinas Pertamanan. Namun karena lokasi yang luas dan strategis, kerja bakti ini dilakukan dengan menggandeng unsur Kodim 0833 dan dibuka oleh Wakil Wali Kota Malang Bambang Priyo Utomo setelah apel pagi.

Kepala Dinas Pertamanan Kota Malang, Drs Mardjono MSi mengatakan, fokus utama Jumat bersih kali ini ialah taman yang berada di sekitar Stasiun Kota Baru, khususnya Taman Ronggowarsito yang lokasinya tertutup oleh PKL Trunojoyo. Menurut Madrjono, selama ini perawatan Taman Ronggowarsito memang kurang optimal karena keberadaan PKL tersebut.

“Untuk itu kali ini kami membersihkan Taman Ronggowarsito. Selain menebangi pohon dan cabang yang mengganggu, semak-semak juga kami rapikan. Semua ini dilakukan untuk memudahkan perawatan ke depannya,” kata Mardjono.

Jumat bersih kali ini, meski merupakan kegiatan rutin Dinas Pertamanan, namun juga ditujukan sebagai persiapan penilaian Adipura. Untuk itu, lanjut Mardjono, pihaknya mengharapkan kerjasama PKL di sepanjang Jalan Trunojoyo untuk ikut menjaga kebersihan taman dan tidak membuang sampah apapun ke area taman yang berada di sisi belakang PKL tersebut.

Setelah ini, Dinas Pertamanan akan kembali mengincar kawasan yang dinilai bisa mempercantik wajah Kota Malang. Di antaranya Taman Madyopuro, Hutan Kota Sulfat, kawasan Pertanahan dan Dishub dan masih banyak lagi. Untuk areal yang luas, Dinas Pertamanan akan kembali menggandeng TNI dan masyarakat umum untuk ikut menyukseskan agenda Jumat Bersih.(fio/lim)
(Fiona Mediony/malangpost)

Iklan

Tinggalkan komentar

Filed under Berita

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s