Pemkab Usul UMK di Atas Rp 950.000

Hasil final upah minimum kabupaten (UMK) Kabupaten Malang diperkirakan akhir Oktober 2008. Pemkab terpaksa menentukan nominal UMK karena usulan Apindo dan serikat pekerja tak dapat disatukan. Demikian ditegaskan Drs H Rendra Kresna BcKu SH MM, Wakil Bupati (Wabup) Malang, Jumat (24/10). Menurut Rendra, pemkab akan menentukan UMK di atas Rp 950.000. “Detil nominalnya nantilah jika sudah benar-benar selesai pada akhir Oktober 2008,” terang politisi Partai Golkar ini.

Dijelaskan, Apindo mengusulkan Rp 900.000. Sedang serikat pekerja sudah menurunkan usulannya menjadi Rp 972.000 dari semula Rp 985.000. Sementara kebutuhan hidup layak (KHL) di Kabupaten Malang Rp 932.000.

Menurut Rendra, jika Apindo masih bertahan dengan tawaran angka itu, pemkab tidak akan berdiam diri. “Mereka tidak bisa begitu dan kami tidak akan mendiamkan. Karena itu, usulan kami UMK kalau bisa di atas KHL,” tegas Rendra.

Selanjutnya, usulan dari pemkab ini akan dikirim ke Dewan Pengupahan sebagai putusan nominal UMK Kabupaten Malang. Pemerintah daerah turun tangan menentukan angka UMK karena tidak ada titik temu keinginan pengusaha yang diwakili Apindo dengan serikat pekerja.

Kusmantoro Widodo, Ketua DPC SPSI Kabupaten Malang menambahkan, hasil survei UMK daerah lain yang menjadi rujukan UMK Kabupaten Malang hingga kini juga belum rampung. “Termasuk Kota Malang tampaknya juga belum final angka UMK-nya,” kata Kusmantoro.

Kota yang menjadi titik survei UMK Kabupaten Malang adalah Surabaya, Probolinggo, Pasuruan, dan Gresik. Sementara Kota Batu sudah menetapkan angka Rp 879.000 sekitar tiga hari lalu, meski ada penolakan dari PHRI dan Apindo.(vie/surya)

Iklan

Tinggalkan komentar

Filed under Indonesia, Kabupaten Malang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s