Puluhan Pohon Mati Rawan Tumbang

Warga Kota Malang harus waspada saat berkendara di tengah tiupan angin kencang pada musim penghujan ini. Soalnya, di beberapa jalan protokol banyak pohon mati yang belum ditebang Dinas Pertamanan. Kondisi ini membahayakan pengendara karena pohon-pohon tersebut sewaktu-waktu bisa tumbang.

Kadis Pertamanan Pemkot Malang Mardjono mengatakan, dari data akumulasi yang ada, 75 pohon mati. Jenisnya didominasi sono keling dan akasia. Saat ini pohon mati tersebut menjalani penebangan secara bergiliran.

Lokasi pohon mati tersebar di beberapa jalan protokol. Dari pantauan Radar, pohon-pohon mati tersebut antara lain berada Jalan Raden Intan (6 pohon), Jalan Jaksa Agung Suprapto (5), Jalan Veteran (1), Jalan Raya Langsep (12), Jalan Kawi (4), dan Jalan Arjuno (2).

Disinggung penyebab kematian, Mardjono menduga karena diracun oknum tidak bertanggung jawab. Sebagian lagi mati karena usia tua. “Penebangan memang bergiliran karena keterbatasan petugas. Kami prioritaskan pohon yang besar karena rawan tumbang saat musim hujan,” ujarnya kemarin.

Setelah ditebang, Dinas Pertamanan kemudian melakukan penanaman kembali atau penghijauan. Pengganti pohon mati itu dipilih dari jenis baru yang tidak mudah mati.

Bagaimana pohon yang masih hidup namun rawan tumbang karena miring ke jalan? Rencananya Dinas Pertamanan minggu depan akan melakukan survei dengan melibatkan beberapa perguruan tinggi di Malang. Antara lain UB (Universitas Brawijaya), UM (Universitas Negeri Malang), dan UMM (Universitas Muhammadiyah Malang). Survei ini sekaligus untuk meneliti kondisi pohon. ”

Anggota Fraksi PKS DPRD Kota Malang Helmi Teguh Yuwana merespons positif rencana penebangan pohon mati. Bahkan, dia meminta penebangan harus dilakukan secepatnya karena saat ini telah memasuki musim hujan. Helmi juga mendesak Dinas Pertamanan menyelidiki oknum yang diduga kuat meracuni pohon sehingga mati. (gus/yn/radar malang)

Iklan

Tinggalkan komentar

Filed under Malang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s