Pemkot Ingin Tingkatkan Hasil Bersih, Reklame Diswastakan

Pembangunan 26 titik kawasan reklame dan baliho di Kota Batu dimungkinkan tidak akan menggunakan dana APBD. Sebaliknya, Pemkot Batu akan menggunakan dana dari pihak rekanan atau pihak swasta. Begitu juga dengan pengelolaanya, akan diserahkan pada pihak swasta. Bahkan, rencana melibatkan pihak ketiga untuk pembangunan dan pengelolaan reklame itu juga sudah dibicarakan secara intensif oleh pemkot. “Rencananya memang demikian, akan menggandeng pihak ketiga,” kata Arsan Abdullah Lumbu, Kepala Bagian Ekonomi dan Pengembangan (Ekbang) Pemkot Batu, siang kemarin.

Arsan mengatakan, dengan melibatkan pihak ketiga itu, diharapkan tidak banyak anggaran yang dikeluarkan pemkot untuk pembangunan tersebut. Tapi, menurut dia yang terpenting adalah supaya bisa meningkatkan pajak dan retribusi reklame. “Tujuannya supaya pemkot tinggal menerima hasilnya saja. Tentunya dengan harapan, target pajak bisa semakin meningkat,” katanya.

Hanya saja Arsan belum bisa menyebutkan berapa besar peningkatan pemasukan ke pemkot dengan melibatkan pihak rekanan tersebut. Karena saat ini, rencana tersebut masih dibicarakan dan dimatangkan. “Belum ketemu. Masih kita bicarakan,” kata dia.

Menurut dia, masih banyak yang harus dibicarakan untuk merealisasikan rencana tersebut. Selain teknis pembagian yang akan masuk ke pemkot, juga menetapkan teknis pembangunannya. Sementara saat ini, pihaknya baru sekali bertemu dengan rekanan. “Rencananya, Selasa depan kami bahas lagi dengan rekanan sampai detail,” ucap dia.

Arsan juga belum bisa memastikan kapan rencana tersebut dapat direalisasikan. Apakah diselenggarakan pada tahun anggaran ini, atau tahun depan. Yang jelas, menurut dia, ada rencana untuk melibatkan pihak ketiga dalam pembangunan maupun pengelolaan reklame.

Sementara itu, Djuno Renosan, Manager CV Matrik Cakrawala, rekanan yang diajak berbicara dengan pemkot mengakui adanya pembicaraan tersebut. Sayang, dia juga tidak mau banyak membeber rencana kerja sama tersebut. “Belum final. Sekarang masih dibicarakan. Nanti saja kalau sudah fixed, saya kabari,” kata dia.

Djuno mengakui, saat ini ada beberapa pemerintah kota maupun kabupaten yang mempercayakan pengelolaan reklame pada perusahaanya. Sayang, dia juga enggan menyebutkan pemerintah mana yang saat ini bekerjasama dengannya. “Pokoknya ada beberapa pemda yang kerja sama dengan kami,” elak dia.
(yak/abm/radarmalang)

Iklan

Tinggalkan komentar

Filed under Batu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s