Diknas Tegur SMK Terkait Pengumpulan Data Peserta UN

Penyerahan daftar nominasi peserta ujian nasional (UN) jenjang SMK ke BNSP (Badan Nasional Standar Pendidikan) maksimal 31 Oktober 2008. Diknas pun memberi teguran pada SMK yang belum mengumpulkan daftar siswa peserta UN yang mestinya harus masuk ke diknas 23 Oktober lalu.

“Kami bisa terlambat dari waktu yang ditetapkan kalau beberapa SMK belum menyerahkan berkasnya. Kalau terlambat bisa tak terdaftar dalam UN,” ungkap Suyitno, kasi kurikulum Dikmen Diknas Kota Malang, kemarin.

Diknas pun minta data sudah dimasukkan jauh-jauh hari dengan berbagai tujuan. Salah satunya diknas ikut mengetahui isi sebelum dikirimkan ke BNSP untuk didaftarkan sebagai peserta UN 2009.

Selain itu, Kadiknas juga akan membubuhkan tanda tangan di ratusan lembar nominasi UNPK. Tanda tangan itu sebagai bentuk mengetahui isi dari nominasi yang diserahkan SMK. “Jadi kami tidak langsung mengirimkan datanya. Kami cek dulu,” katanya.

Pengecekan diknas juga terkait masa izin operasional sekolah yang berlaku saat UN digelar April 2009 mendatang. Pengecekan kedua adalah dilampirkannya fotokopi sertifikat akreditasi yang belum habis masa berlakunya saat UN digelar.

Bagi SMK, lanjut Suyitno, mereka harus benar-benar mengecek nama siswa, jurusan, dan nomor induk siswa. Sebab untuk SMK, nomor induknya spesifik. Ada tambahan kode jurusan yang ditekuni. “Di Kota Malang, ada 24 SMK negeri dan swasta. Jurusannya lebih dari 50. Oleh karena itu, harus benar-benar teliti,” ungkap Suyitno.

Menurutnya, nominasi peserta UN dari jenjang SMK sengaja diproses terlebih dahulu dibanding SMP dan SMA. Sebab nomor induk siswa SMK sedikit unik dan membutuhkan pekerjaan tambahan dalam merekap. Itu terkait adanya berbagai jurusan di SMK yang masing-masing memiliki nomor induk sesuai jurusan yang diterjuni.

Rencananya, setelah SMK, akan tiba giliran SMP dan SMA. Waktunya diperkirakan sebulan lagi. Mereka diwajibkan menyerahkan daftar nominasi peserta UN. Untuk SMP dan SMA mendapatkan giliran terakhir karena lebih mudah dalam pendaftarannya. (yos/war/radarmalang)

Iklan

Tinggalkan komentar

Filed under Pendidikan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s