Jaga Hutan, Pemkot Teken MOU

Mengantisipasi meningkatnya kerusakan hutan di areal Kota Batu, kemarin Pemkot Batu dan Perhutani Malang Raya menandatangadi MoU. Dalam MoU tersebut tertulis beberapa nota kesepakatan antaran pihak Pemkot Batu dan Perhutani dalam mengelola hutan.

Menurut Kepala Dinas Kehutanan dan Lingkungan Hidup Kota Batu Hidayat Murtadlo, MoU itu merupakan langkah maju. “Penekanan kerjasama antara kami dengan pihak Perhutani adalah untuk menjaga ekologi hutan, ekonomi, dan sosial,” ujar tambah Hidayat ditemui Malang Post di pendopo Pemkot Batu kemarin.
Dijelaskannya kondisi hutan di Kota Batu memang sangat memprihatinkan. Jika dibiarkan terus menerus, maka akan berdampak pada kerusakan ekologi, yang imbasnya terjadi kekeringan sumber air. Perlu diketahui, tidak kurang dari 14 kota/kabupaten seluruh Jawa Timur, aliran airnya bersumber di Kota Batu.

“Kerusakan hutan ini harus ditanggulangi, bagaimanapun caranya. Kami sendiri sudah melakukan upaya, dengan melakukan penanaman bibit pohon,’’ kata Hidayat.

Terkait bentuk kerjasama dengan Perhutani, ke depannya, adalah bersama-sama melestarikan hutan, dengan menanam bibit yang jangka panjangnya bisa menghasilkan, dan dapat meningkatkan kesejahteraan. “Contohnya menanam bibit kopi arabika, salah satu bentuk implementasi studi banding kami dari Bandung beberapa waktu lalu. Kopi arabika ini ternyata cukup kuat pohonnya, selain akarnya bisa menahan longsor, sedangkan buahnya bisa dijual. Dan di Bandung, itu sudah dilakukan,” kata Hidayat lagi.

Hidayat mengakui, jika keberhasilan kerja sama antara Pemkot Batu dan Perhutani ini akan berhasil, jika ada warga atau masyarakat yang dilibatkan. Terlebih, mereka yang kerap melakukan pembakakkan. “Hukum dan perundangan harus betul-betul ditegakkan. Jika diketahui ada warga yang menebang pohon, maka hukum pun harus bicara,’’ kata Hidayat.

Sementara itu, selain dihadiri Walikota Batu Eddy Rumpoko, penandatanganan MoU ini juga dihadiri oleh Kepala Perhutani Unit II Malang Raya, KPH Malang, seluruh kepala SKPD Kota Batu, LSM Perduli Lingkungan dan LMDH.(ira/eno) (Ira Ravika/malangpost)

Iklan

Tinggalkan komentar

Filed under Batu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s