Revitalisasi Fungsi STA Mantung

Komisi B mendesak Pemkab Malang merevitalisasi fungsi Stasiun Pasar Agro Mantung di Kecamatan Pujon. Pasalnya, STA Mantung hingga tahun 2008 ini masih teramat jauh dari misi awal pembentukannya.

Sesuai fungsi awal STA Mantung oleh Pemkab Malang bakal dibentuk sebagai pasar agro yang sanggup memasarkan komiditi sayuran tembus daerah lain. Termasuk, menyediakan pemantauan harga sayur di Kabupaten Malang. Ternyata, fungsi tersebut belum berjalan optimal dan dikeluhkan anggota Komisi B DPRD Kabupaten Malang, Choirul Anam.

”Tidak berjalan sesuai fungsi seperti rencana awal dulu. Pemkab harus merevisi posisi STA Mantung,” terangnya.

Menurut Anam, konsep Agribisnis dalam pendirian STA Mantung seharusnya diarahkan untuk meningkatkan perekonomian petani sayur. Namun selama ini, konsep tersebut tidak optimal dan membutuhkan perhatian dari dinas Pasar.

“Konsep yang dicanangkan dulu tidak berjalan, ini saatnya diperbaiki oleh Dinas Pasar,” imbuhnya.
Anggota DPRD dari Partai Golkar ini inimenambahkan, seharusnya STA Mantung dibawah Dinas Pertanian. Supaya fungsi pemberdayaan para petani melalui komoditi sayuran bisa optimal. Kelemahan saat ini karena Dinas Pasar, tidak bisa menjalankan fungsi Agrobisnisnya.

“Dinas kurang memberdayakan petani secara ekonomi,” katanya.

Yang paling parah, akses harga sayuran di STA tersebut tidak pernah berjalan. Padahal angka harga sayuran daerah lain amat penting bagi para petani. Karena hal itu bisa meminimalisir kerugian petani dari anjloknya harga panen.(ary/eno) (Ary Wicaksono/malangpost)

Tinggalkan komentar

Filed under Kabupaten Malang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s