Desa Wisata Sumber Pasir Disosialisasikan

Dinas Pariwisata (Disparta) Pemprov Jatim mensosialisasikan rencana menjadikan Desa Sumber Pasir, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang, sebagai desa wisata ke masyarakat. Sosialisasi digelar di Balai Desa setempat, Senin (27/10). Kegiatan itu dihadiri pejabat Dinas Pariwisata Jatim. “Untuk jadi desa wisata memang perlu kesiapan masyarakat setempat,” terang Hedi Wahyudin, Kasi Perencanaan Program Disparta Jatim sebelum sosialisasi.

Ia mencontohkan, enam desa wisata yang sudah ada yaitu empat di Kabupaten Pasuruan, satu di Kabupaten Mojokerto dan satu lagi di Kota Batu prosesnya membutuhkan waktu tiga hingga enam bulan. Menurut Hedi, jika warga siap, maka akan dibentuk Lembaga Desa Wisata. Dalam prosesnya nanti, dari potensi ekonomi yang paling diunggulkan itulah yang akan mendapat pembinaan.
“Misal di Desa Sumber Pasir lebih unggul dengan kerajinan bordirnya, maka akan diarahkan potensi wisatanya ke sana,” tuturnya.

Kades Sumber Pasir, Muhdlor, menjelaskan empat dusunnya memiliki potensi bordir semua. “Jumlah perajinnya 250 orang,” terang Muhdlor.
(vie/surya)

Iklan

Tinggalkan komentar

Filed under Kabupaten Malang, Pariwisata

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s