Sistem Drainase Batu Amburadul

Pembenahan sistem drainase di Kota Batu yang diwacanakan sejak 2006 lalu sampai kini tak jelas realisasinya. Drainase di sejumlah titik seperti Jl Brantas, Jl Abdul Gani Atas, Jl WR Supratman, Jl Gajahmada, dan beberapa titik lain masih terlihat amburadul. Indikasinya, begitu diguyur hujan lebat sejak Minggu (26/10), ruas jalan di sejumlah titik tergenang air. Bahkan, beberapa titik masih kerap terjadi banjir lokal seperti terlihat di Jl Brantas, Senin (27/10).

Ketua Komisi C DPRD Batu, Juhaimi ST, mengatakan seharusnya saat ini pemkot sudah memiliki peta drainase sebagai petunjuk menyelesaikan problem banjir di Kota Batu. “Pembenahan sistem drainase yang dilakukan selama ini masih bersifat setengah-setengah. Akibatnya, proyek yang menyerap APBD ratusan juta sejak beberapa tahun lalu itu belum menampakkan hasil yang masimal,” kata Juhaimi kepada Surya, Senin (27/10).

Kepala Dinas Permukiman dan Bina Marga Kota Batu, Ir Budi Santoso MS mengatakan rencana pembenahan sistem drainase secara total baru akan dilakukan 2009. “Kami akan membenahi sistem drainase mulai hulu sampai hilir. Proyek ini membutuhkan anggaran yang sangat besar. Karena itu, kami perlu memprogramkannya secara bertahap,” tutur pria yang akrab disapa Tosi ini.

Ditambahkannya, pembenahan sistem drainase secara total ini akan dimulai dari Alun-alun Batu dengan membuat sistem drainase besar yang mampu menampung air dari sejumlah titik.
(st25/surya)

Iklan

Tinggalkan komentar

Filed under Batu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s