Angsuran Kredit Perumnas Naik 2 Persen

Kenaikan bunga kredit akibat kenaikan BI rate mulai terasa. Perum Perumnas Cabang Malang pun menaikkan beban angsuran kredit perumahan sebesar kurang lebih 2 persen. Contohnya, angsuran rumah tipe 36/98 di Zona Neighborhood Sawojajar, yang sebelumnya Rp 1 juta untuk masa angsuran 15 tahun, kini menjadi Rp 1.139.000.

“Kenaikan angsuran tersebut tidak bisa dihindari. Sebab, suku bunga KPR naik sekitar 2 persen. Hanya, untuk Perumnas, kenaikan yang kami patok tidak besar. Dan tidak begitu signifikan. Untuk perumahan swasta lainnya, saya tidak tahu. Mungkin lebih besar,” ujar Kepala Marketing Perum Perumnas Cabang Malang, Drs. Arnoldus Ambarita, SE kepada Malang Post.

Arnold menambahkan, perumahan Zona Neighborhoor kini hanya tinggal 12 unit dari total 214 unit rumah. Dia mengatakan, sisa rumah tersebut dipastikan akan habis terjual hingga akhir 2008 mendatang.

“Pasar program Neighborhood memang cukup besar. Sebab, dari sisi harga, dibandingkan dengan perumahan lainnya, tidak terlalu mahal. Di lokasi lain bisa lebih mahal. Padahal, lokasinya lebih strategis Neighborhood. Karenanya, saya optimis, akhir tahun ini Neighborhood sudah akan closing,” imbuhnya.
Untuk diketahui, luas kawasan perumahan Sawojajar yang bisa dikembangkan untuk hunian hanya tinggal kurang lebih 12 hektar. Lahan tersebut terpisah-pisah menjadi tiga lokasi yang berbeda, yaitu 4 hektar, 5 hektar dan 3 hektar.

“Jika lahan tersebut sudah jenuh atau habis, maka tentu kami mencari lokasi lainnya untuk perumnas. Tetapi saat ini masih belum terpikirkan sebab, masih ada sisa lahan seluas 12 hektar yang harus kami kembangkan. Perlu dicatat, Zona Neighborhood yang sekarang tinggal 12 unit itu tidak lagi menunggu jalan tembus Madyopuro-Sulfat. Masyarakat sudah sangat membutuhkan rumah,” ujar Arnold. (sin/han) (Sinyo Suwignyo/malangpost)

Tinggalkan komentar

Filed under Malang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s