Dinas Pertamanan Tunggu Bibit untuk Hutan Kota

Kepala Dinas Pertamanan Kota Malang, Mardjono

Kepala Dinas Pertamanan Kota Malang, Mardjono

Penghutanan di sejumlah kawasan perumahan dipastikan akan segera dilakukan. Dinas Pertamanan sebagai pelaksana penghutanan dalam waktu dekat akan segera menghutankan kota Malang setelah sebelumnya mendapat persetujuan dari seluruh elemen yang terlibat.Yaitu, camat, lurah, RW, serta pengembang perumahan.

Kepastian ini diungkapkan oleh Kepala Dinas Pertamanan Kota Malang, Mardjono kepada Malang Post. Agenda penghutanan kota tahap pertama yang merupakan kelanjutan dari program Gerakan Sejuta Pohon (GSP) tersebut akan dilakukan di perumahan Vila Bukit Tidar. “Penghutanan juga dilakukan di sekitar Merjosari dan Karang Besuki,” katanya kepada Malang Post.

Namun demikian, Mardjono mengatakan pihaknya sampai saat ini masih menunggu jatah bibit yang akan diberikan oleh provinsi. Sehingga hingga kini belum diketahui berapa banyak jumlah bibit yang akan ditanam di perumahan tersebut. Diperkirakan, penanaman sudah akan bisa dilakukan dalam kurun waktu November hingga Desember mendatang.

Selain Vila Bukit Tidar, sejumlah perumahan lain juga telah menyatakan kesediaannya untuk memberikan sebagian lahan untuk dijadikan hutan kota. Di antaranya perumahan yang berada di kawasan Lowokdoro, Tunggulwulung dan Sukun.

Menurut Mardjono, unsur masyarakat memang lebih mudah menyetujui bentuk penanaman hutan kota ketimbang taman. Pasalnya, hutan kota yang ditanami pepohonan dengan struktur yang kokoh lebih mudah perawatannya. Berbeda dengan taman yang membutuhkan perawatan intensif dan mahal. Itu sebabnya penghutanan kota lebih banyak menjadi pilihan untuk menciptakan lingkungan hijau dan asri yang bisa memproduksi udara segar bagi kawasan tersebut.(fio/lim) (Fiona Mediony/malangpost)

Tinggalkan komentar

Filed under Malang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s