Minggu Depan DAK Cair

Dinas Pendidikan Kabupaten Malang akhirnya menjawab keterlambatan pencairan Dana Alokasi Khusus(DAK) tahun 2008. Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Malang Suwandi mengklaim dana bernilai lebih dari Rp 50 Miliar itu sudah berada di rekening Dinas Pendapatan dan Pengelolaan Keuangan Aset (DPPKA).

Hal tersebut dikatakan Suwandi usai mengikuti halal bihalal di pendopo Kabupaten, kemarin. Kepada Malang Post Suwandi menjanjikan minggu depan dana tersebut sudah bisa dicairkan. Lambatnya pencairan DAK, menurut dia karena proses seleksi kelengkapan administrasi sekolah penerima.
“Minggu depan cair mas, dana sudah ada di rekening Dinas Pendapatan (DPPKA) kok,” ujarnya.
Hanya saja, Suwandi mengaku tidak tahu menahu sejak kapan dana tersebut ngendon di rekening DPPKA. Pasalnya, Dinas Pendidikan hanya bertugas menyeleksi kelengkapan berkas administrasi dari sekolah penerima DAK. Begitu memasuki tahap pencairan. pihaknya mengajukan berkas itu kepada DPPKA.

“Sejauh ini sudah ada 66 berkas yang selesai, dari total 202 sekolah yang mengajukan. Minggu depan sudah bisa cair semuanya,” janji Suwandi.

Disinggung soal sekolah yang terlanjur memulai proses pembangunan, Suwandi mengaku tidak mempermasalahkan. Proses pembangunan itu dinilai sah-sah saja karena DAK merupakan proyek swakelola. Artinya pihak sekolah diperkenankan menggarap gedung secara gotong royong.

“Ini bedanya proyek kontraktual dan swakelola, pengadaannya bisa ditalangi pihak sekolah,” tegasnya.
Seperti diberitakan Malang Post sebelumnya, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Malang mendesak Dinas Pendidikan mempercepat proses pencairan DAK. Desakan itu demi melihat, sejumlah sekolah terpaksa membangun gedung melalui dana talangan. Malah, Wakil Bupati Malang Rendra Kresna turut mendesak percepatan pencairan DAK.(ary/eno) (Ary Wicaksono/malangpost)

Iklan

1 Komentar

Filed under Kabupaten Malang

One response to “Minggu Depan DAK Cair

  1. LIRA JATIM

    Ada info, dalam pelaksanaan DAK Pendidikan Tahun 2007 di Kabupaten Malang, karena Swakelola mestinya Sekolah penerima DAK transfer pembayarannya adalah ke Perusahaan Pemasok Barang, tetapi diduga banyak sekolah mentransfer pembayarannya tidak langsung ke Perusahaan Pemasok tetapi ke salah satu UPTD (diduga inisialnya AS), tidak menuntut kemungkinan ditahun 2008 ini pelaksanaannya akan terulang lagi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s