November Sertifikasi Dosen Dimulai

Penilaian sertifikasi dosen di tingkatan Perguruan Tinggi Pembina (PTP) Sertifikasi Dosen (Serdos) hampir final. Setidaknya pada akhir bulan ini hasil penilaian akan dikirim ke Dirjen Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PMPTK) Jakarta.

“Jika tidak terlambat, pada awal November nanti proses penilaian di PMPTK sudah dilakukan, dan pada awal Desember bisa diumumkan hasilnya. Karena itu, diharapkan akhir bulan ini penilaian di PTP Serdos rampung,” ungkap Ketua Panitia Sertifikasi Dosen UB Prof Dr Bambang Guritno kepada Malang Post, kemarin.

Sementara itu, monitoring dan evaluasi (Monev) sudah dilakukan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) di Malang Rabu (22/10) lalu. Tiga dari lima PTP Serdos di Jawa Timur, dimonitoring untuk mengevaluasi kegiatan dan juga kendala yang ada di lapangan. Yaitu Universitas Brawijaya (UB), Universitas Negeri Malang (UM), dan Universitas Muhammadiyah Malang (UMM).

Menurut Bambang, kegiatan monitoring itu diikuti 13 orang asesor serdos dari UB, 7 orang dari UM, dan 4 orang dari UMM. Di UB sendiri, ada 52 orang asesor sertifikasi dosen dari sedikitnya tujuh rumpun ilmu dan 35 bidang ilmu.

Pada kesempatan itu pula diadakan dengar pendapat serta diskusi mengenai berbagai masalah yang dihadapi para asesor dalam melakukan penilaian terhadap portofolio yang dikirim peserta sertifikasi. Sesuai dengan tugasnya, PTP Serdos melakukan sertifikasi kepada dosen di universitas yang menjadi binaannya.

UB Malang melakukan penilaian terhadap 369 portofolio. Portofolio tersebut berasal dari beberapa universitas seperti Universitas Mataram, Politeknik Negeri Bali, Universitas Udayana, Politeknik Negeri Jember, Universitas Negeri Jember, Universitas Negeri Malang, Politeknik Negeri Malang dan beberapa universitas di bawah Kopertis VII, termasuk UMM.

Dikatakan Bambang, UB telah mengirimkan lebih kurang 251 berkas portofolio dosen peserta sertifikasi ke beberapa universitas di antaranya Universitas Gadjah Mada dan Universitas Indonesia. Proses penilaian dan kelulusan peserta sertifikasi diharapkan selesai November mendatang, dan pemberian tunjangan profesi akan dimulai Januari 2009. Para peserta yang lulus berdasarkan Permendiknas Nomor 18/2008, akan mendapatkan tunjangan sebesar satu kali gaji pokok dosen. (oci/udi) (Lailatul Rosida/malangpost)

Iklan

Tinggalkan komentar

Filed under Pendidikan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s