Etawa Palsu Langsung Diganti

Ancaman mutasi dari Bupati Malang Sujud Pribadi terbukti ampuh. Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Malang Endy Kusaeri langsung memerintahkan pihak rekanan mengganti Kambing Peternakan Etawa (PE) yang tidak memenuhi spesifikasi.

Endy mengatakan, sekitar 20 ekor Kambing PE didrop ulang di tiga Kecamatan dan enam desa yaitu Pakisaji (Permanu, Glanggang), Turen (Talok, Tawangrejeni, Kemulan) dan Dampit (Kelurahan Dampit).
Menurut Endy, beban biaya penggantian ditanggung sepenuhnya oleh pihak rekanan. Meliputi biaya pendistribusian, penyesuaian spesifikasi serta pendataan. Endy juga telah memerintahkan staffnya untuk mengecek ulang penggantian spesifikasi Kambing PE itu.

“Sebagian masyarakat yang tidak berkenan sudah mendapat ganti dari rekanan kok mas. Staff saya sudah turun untuk mengecek,” kata Endy saat menghubungi Malang Post kemarin.

Spesifikasi penggantian, dikatakan Endy telah disesuaikan keinginan tiap-tiap kelompok penerima. Yakni Betina memiliki tinggi gumba 65 cm dan panjang telinga 21 cm. Sedangkan Kambing PE Jantan bertinggi gumba 70 cm dan panjang telinga 24 cm.

“Rekanan juga mengganti Kambing PE yang mati, ada tiga ekor. Di Tawangrejeni, Talok dan Tirtoyudo,” imbuhnya.

Endy memaparkan, hingga saat ini jumlah kambing yang telah didropping sekitar 300 ekor. Ratusan jenis Kambing PE tersebut disebar ke 45 kelompok penerima. Di Kabupaten Malang, kambing yang diberikan tergolong grade B, dengan harga per ekor mencapai Rp 1.100.000.

“Proyek itu ditangani CV Prasasti dari Tirtoyudo, CV dibebani biaya droping, anting telinga, pajak serta obat,” katanya.

Endy berjanji bakal memperketat proyek pengadaan kambing PE tahun depan. Mulai Januari nanti, pihaknya bakal menggalakkan IB (Inseminasi Buatan) supaya muncul bibit ras yang mendekati murni. Dia telah mengirim 8 orang staf berlatih di Balai Besar Inseminasi Buatan Singosari. “Kita butuh 600 ekor tahun depan, itu kalau anggarannya disetujui,” pungkasnya.(ary/eno) (Ary Wicaksono/malangpost)

Tinggalkan komentar

Filed under Kabupaten Malang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s