Persiapan PTN Menjadi Badan Layanan Umum

Salah satu yang menonjol dari berubahnya status perguruan tinggi menjadi Badan Layanan Umum (BLU) adalah dari unit usahanya. Berbagai unit usaha pun lantas didirikan untuk meraup income. Tak heran, kalau kemudian dua perguruan tinggi negeri (PTN) di Malang yang akan menjadi BLU mulai menggencarkan proyek-proyek baru. Seperti di Universitas Negeri Malang (UM) dan Universitas Brawijaya (UB) Malang.

Di sepanjang jalan masuk UB Malang, bangunan-bangunan baru pun mulai didirikan. Kendaraan proyek tak hentinya setiap hari keluar masuk kampus. Begitu pula yang bisa dilihat di UM. Di kawasan pintu masuk Jalan Veteran, ada proyek besar yang tengah dikebut. Itulah Convention Hall atau gedung serba guna.Gedung itu rencananya akan menyaingi DOME Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) yang terkenal megah. Saat ini gedung seluas 3456 m persegi itu sudah memasuki pembangunan tahap kedua.

“Graha serbaguna ini ditargetkan rampung pada 11 Desember mendatang. Kalau biayanya lancar, tentu bisa lebih cepat. Sebab terus terang, saat ini harga bahan material terus naik,” ungkap Tim Teknis Pembangunan Convention Hall UM, Wayan Jirna kepada Malang Post, kemarin.

Ia merinci, gedung ini diperuntukkan menampung sekitar 6 ribu orang, dengan fasilitas parkir yang mampu menampung hingga 100 mobil. Panjang bangunan seluas 6×18 m, dilengkapi dengan dua tribun. Gedung berbentuk segi delapan, dengan bentuk bangunan model joglo dan desain selingkung dengan desain yang ada di UM. Gedung ini akan digunakan untuk tempat pelaksanaan wisuda dan juga berbagai acara pertemuan. Juga untuk kegiatan olahraga yang sifatnya indoor. Untuk proyek ini, diperkirakan akan menelan dana hingga Rp 45 miliar.

Selain Convention Hall, di bagian belakang gedung ada tribun stadion yang akan dibangun untuk kapasitas 2 ribu orang. Sementara di fakultas-fakultas, pembangunan juga tengah dilakukan. Ada pembangunan sport hall di gedung Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP), Gedung kuliah tiga lantai di Fakultas Ekonomi, gedung perkuliahan di Teknik, dan juga di Fakultas Sastra.

Ke depan, beberapa unit baru juga sudah dirancang. Di kawasan depan Matos, akan disulap menjadi kawasan bisnis UM. Di sana rencananya akan dibangun gues house, hotel UM Inn, hingga restauran. Diharapkan, karena lokasinya di depan Matos, pengunjungnya banyak berasal dari luar. Dengan bertambahnya unit bisnis ini, UM pun mulai menyusun struktur baru untuk mengelolanya dengan baik. Sementara terkait dana, diharapkan proyek bisa dilaksanakan bertahap dari alokasi dana DIPA dari pemerintah dan penerimaan bukan pajak (PMBP). (rosida//bersambung) (Lailatul Rosida/malangpost)

Iklan

Tinggalkan komentar

Filed under Berita, Malang, Pendidikan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s