SPP UB Tidak Akan Dinaikkan Hingga 2012

Universitas Brawijaya (UB) Malang berencana tidak menaikkan angka SPP hingga 2012. Rencana itu terkait dengan langkah menjadikan UB sebagai institusi Badan Layanan Umum (BLU). Institusi BLU adalah institusi publik yang punya kewenangan untuk mengelola keuangannya lebih fleksibel.

Prof Abdul Latief, sekretaris persiapan BLU Universitas Brawijaya, kemarin mengatakan, UB telah menerapkan SPP proporsional. Ada batas atas dan bawah. Mulai semester dua dan seterusnya, mahasiswa membayar SPP tergantung dari hasil penelitian kondisi ekonomi orang tua. Bagi yang mampu akan menyubsidi yang kurang mampu.

Dengan penerapan SPP proporsional tersebut, UB memandang cukup untuk menopang keuangan sampai empat tahun ke depan. Sehingga penerapan BLU tidak membebani mahasiswa. “Kami dalam proyeksi empat tahun ke depan tidak menaikkan SPP,” kata Latief.

Berdasarkan data besaran SPP proporsional, batas atas yang harus dibayar mahasiswa bervariasi. Tergantung dari jurusan yang diambil. Paling kecil Rp 1,5 juta per semester, menengah Rp 2,1 juta, dan paling tinggi Rp 3 juta. Yang disebut terakhir khusus untuk fakultas kedokteran.

Selain karena SPP proporsional, institusi BLU bisa mencari dana dari pemanfaatan potensi perguruan tinggi. Yakni dengan mendirikan unit-unit usaha, kerjasama penelitian dan pembuatan teknologi tepat guna yang bernilai ekonomis.

Menurut Latief, dengan BLU, sebenarnya membuka peluang bagi mahasiswa untuk menuntut layanan yang lebih baik. Mulai layanan akademis, peralatan, praktikum, pembelajaran, hingga biaya yang harus ditanggung mahasiswa. “Layanan yang lebih baik adalah konsekuensi dari sebuah institusi BLU,” katanya.

Bagaimana perkembangan proses menuju BLU? Guru besar pertanian ini mengatakan November ini akan ada tim beranggotakan 25 orang melakukan penilaian. Mereka berasal dari Depdiknas, Depkeu, unsur masyarakat, dan pemerintahan. Setelah itu baru ada presentasi di depan Menkeu. “Setelah itu, Menkeu yang berwenang menetapkan status UB jadi BLU atau tidak,” katanya. (yos/war/radarmalang)

Iklan

Tinggalkan komentar

Filed under Berita, Malang, Pendidikan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s