Tim Pusbuk Sharing dengan MGMP

Kota Malang dipilih sebagai salah satu kota yang menjadi tujuan Departemen Pendidikan Nasional (Depdiknas) untuk konsultasi pemilihan buku koleksi pusat buku (Pusbuk) Depdiknas. Selama dua hari kemarin, tim Pusbuk menggali masukan dari beberapa guru yang tergabung dalam Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) PPKN SMP dan Biologi SMA klas 12 Kota Malang.

Menurut Kabid Pendidikan Menengah (Dikmen) Disdik Kota Malang, Drs Sugiharto, kegiatan ini merupakan salah satu tahapan menuju proses publikasi buku di situs Buku Sekolah Elektronik (BSE) Depdiknas.
“Sebelum buku diterbitkan dan dibeli hak ciptanya oleh pemerintah dengan menerbitkannya secara online, maka perlu ada semacam uji publik. Apakah buku yang akan didaftarkan ke BSE itu memang sudah mewakili semua siswa di setiap tingkatan kemampuannya,” ungkapnya.

Gik, panggilan akrab Sugiharto menuturkan, masukan itu diberikan untuk mengetahui, apakah buku yang akan dionline kan itu pas diajarkan untuk siswa yang kualitasnya tinggi, menengah dan rendah. Tugas para guru MGMP di Kota Malang adalah untuk memberikan telaah dan masukan guna penyempurnaan materi dalam buku tersebut.

Menurut Gik, tahapan yang disyaratkan Depdiknas ini selayaknya juga diikuti para guru yang juga menerbitkan buku sendiri. Mereka diharapkan melakukan sharing atau uji publik untuk mengetahui apakah apa yang sudah ditulis itu sudah pas atau belum.

“Masukan para guru terhadap penyempurnaan buku ini sangat penting, sebab mereka yang tahu kondisi di lapangan. Begitu pun dengan guru yang menulis buku, sebaiknya juga menggali masukan dari masyarakat sebelum buku diterbitkan,” tegasnya. (oci/udi) (Lailatul Rosida/malangpost)

Iklan

Tinggalkan komentar

Filed under Indonesia, Malang, Pendidikan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s