UMKM Andalan, Ekspor Hingga Spanyol

Produk Fiola Percussion yang dipamerkan di etalase Sentra Kerajinan Kendedes, Singosari. (Sinyo/Malang Post)

Produk Fiola Percussion yang dipamerkan di etalase Sentra Kerajinan Kendedes, Singosari. (Sinyo/Malang Post)

Pusat kerajinan Kendedes, Kecamatan Singosari Kabupaten Malang patut diacungi jempol. Ada beberapa UMKM yang menjadi andalan. Salah satu dari beberapa perajin tersebut sudah sering mengekspor barang ke luar negeri seperti ke Jamaika, India dan Spanyol. Sentra kerajinan tersebut adalah Fiola Percussion.

Kepala UPT Sentra Kerajinan Singosari Eddy Mulyono mengatakan, Fiola Percussion memang khusus memproduksi souvenir berbentuk perkusi. Selain souvenir, ada pula produk yang bisa dimainkan.
Kata Eddy, hingga Februari 2008 saja, Fiola melayani pesanan hingga 300 ribu item. “Sekarang ini Fiola tengah melayani pesanan lagi sejumlah 10.500 item barang,” ungkapnya.

Selain Fiola, ada perajin lain yang juga menjadi andalan, yakni Misbach Kupu-kupu, kerajinan tas dari tempurung kelapa, gordin dan kerajinan perlengkapan tidur seperti sarung bantal dan sprei. Beberapa kerajinan ini menjadi ikon di Pusat Kerajinan Kendedes karena hingga sekarang ini, pesanan masih terus mengalir. “Selain itu, ada beberapa perajin lain yang juga cukup signifikan,” katanya.

Beberapa UMKM yang menonjol lainnya menurut Eddy di antaranya adalah Azizah Florist, Cendana Arum Perkusi, Sas Enloe kaca hias, Rahayu Jaya Kawentar anyaman, Fruitindo, Pelangi Craft dan Kayafit. “Keberadaan mereka setidaknya diharapkan bisa memacu perajin yang lain,” cetus Eddy.

Selain etalase di Pusat Kerajinan Kendedes Eddy juga mengupayakan promosi dalam bentuk lain, yakni melalui website. Pusat Kerajinan Kendedes mempunyai website dengan alamat www.kendedesonline.com. Di website ini, dipasang seluruh produk Pusat Kerajinan Kendedes serta alamat perajin. Meski jarang, pemasangan media promosi melalui website sudah menghasilkan transaksi. (sin/han) (Sinyo Suwignyo/malangpost)

Iklan

1 Komentar

Filed under Berita, Kabupaten Malang

One response to “UMKM Andalan, Ekspor Hingga Spanyol

  1. ryan

    minta tolong bisa ngasih info macam
    UKM di singosari?mohon bantuannya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s