Wakil Ketua DPRD Ogah Bayar PBB

Seharusnya Wakil Rakyat bisa menjadi figur panutan positif bagi masyarakat. Namun, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Malang Sanusi malah memberikan contoh yang buruk. Politisi Partai Kebangkitan Bangsa itu diketahui tak pernah membayar Pajak Bumi Bangunan selama puluhan tahun.

Sanusi memang tak sendiri, dia bersama sederetan tokoh masyarakat di Kecamatan Gondanglegi dinyatakan ‘mokong’ membayar PBB.

Juru Pungut PBB Kecamatan Gondanglegi Lasiran mengatakan, Sanusi mempunyai baku tanah di dua lokasi. Yaitu baku tanah di Desa Panggungrejo dan di Desa Ganjaran.

“Biaya pajak dua baku tanah itu sekitar Rp 3 – 4 Juta, tak pernah dibayar sejak tahun-tahun yang lalu. Menurut aparat desa yang menagih, katanya selalu nunggu tebang tebu,” ujar juru Pungut Lasiran ditemui Malang Post di kantor Kecamatan Gondanglegi, kemarin.

Camat Gondanglegi Mumuk Hadi Muntono SH membenarkan hal itu. Menurut dia, sejak berada di situ, Sanusi memang tidak pernah membayar PBB. Dari tahun ke tahun realisasi PBB di Kecamatan Gondanglegi maksimal 60 persen. Sisanya sebesar 40 persen tidak terbayar, mereka terdiri dari para tokoh masyarakat.

“Pak Sanusi sejak disini tidak pernah membayar, masih banyak juga tokoh yang lain. Kalau Pak Purnomo Anwar (Wakil Ketua DPRD) tertib,” ungkap Mamuk.

Mantan Camat Poncokusumo itu menjelaskan, hingga kemarin baru satu desa yang dinyatakan lunas PBB, yaitu desa Sukosari. Sehingga masih terdapat 13 desa belum melunasi PBB. Padahal total baku PBB di kecamatan itu mencapai Rp 1,054 miliar.

“Hingga hari ini PBB baru terealiasi 62 persen, sisanya belum dibayar pada tokoh masyarakat,” pungkasnya.(ary/eno) (Ary Wicaksono/malangpost)

Iklan

Tinggalkan komentar

Filed under Berita, Kabupaten Malang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s