11 SMK Swasta Belum Faham KTSP

Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Malang menemukan adanya 11 dari 36 SMK swasta yang belum memahami pelaksanaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Karena itu, selama dua hari ini para guru dari sekolah tersebut mendapatkan bimbingan dan pelatihan khusus untuk menyusun KTSP untuk sekolah masing-masing.

“Dari laporan pengawas dan temuan di lapangan, ternyata masih ada sekolah yang belum faham KTSP. Karena itu, kami mengundang mereka untuk mengikuti pelatihan sehingga bisa menyusun kurikulum sesuai dengan kondisi di sekolahnya,” kata Kabid Pendidikan Menengah (Dikmen) Disdik Kota Malang Drs Sugiharto kepada Malang Post, kemarin.

Lebih jauh pria yang akrab dipanggil Gik ini menuturkan, fakta bahwa SMK swasta ternyata masih butuh bimbingan penyusunan KTSP menjadi tugas besar bagi Disdik. Sebab, jika dalam penyusunan kurikulum saja belum benar, dikhawatirkan akan berdampak pada hasil Ujian Nasional (UN). Karena target akhirnya pada keberhasilan guru mengantarkan siswa lulus UN. Yang juga jauh lebih penting dari sekedar lulus UN adalah terkait kemampuan guru untuk menyusun kurikulum sesuai dengan kebutuhan yang ada di sekolah.

Perkembangan IT dengan diberlakukannya Buku Sekolah Elektronik (BSE) misalnya, tidak lantas ditelan mentah begitu saja. Jika perlu, guru bisa membuat modul pembelajaran dengan sumber yang bisa diunduh dari BSE. Begitupula dengan target muatan life skill yang juga perlu dikembangkan bagi sekolah-sekolah yang siswanya banyak yang tidak mampu. Dengan kondisi siswa yang berbeda antara satu sekolah dengan lainnya, maka tidak dibenarkan jika KTSP sekolah bisa sama. “Bisa jadi ada yang masih copy paste dalam menyusun KTSP, apalagi memang penyusunan KTSP ini ada beberapa model,” tegasnya.

Untuk pelatihan ini, Disdik menggandeng para pakar pengembangan kurikulum dari Universitas Negeri Malang (UM). Juga beberapa pengawas sekolah dihadirkan dalam pelatihan. Targetnya melalui pelatihan ini para guru sudah mampu menyusun sendiri KTSP sesuai dengan karakteristik sekolahnya. (oci/udi) (Lailatul Rosida/malangpost)

Tinggalkan komentar

Filed under Pendidikan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s