Kurikulum BU Sesuaikan Mahasiswanya

IKIP Budi Utomo (BU) Malang kini tengah serius mematangkan kurikulum khas IKIP BU. Kurikulum itu disebut khas, karena dikembangkan menurut karakteristik mahasiswanya. Kurikulum khas ini lebih mengarahkan kegiatan pembelajaran yang sarat dengan muatan soft skills dan menyiapkan mahasiswa menjadi lebih terampil di bidangnya.

Menurut Pembantu Rektor I IKIP BU, Drs H Nurcholis Sunuyeko M.Si, kurikulum khas itu dirancang sebagai bentuk tanggung jawab perguruan tinggi. Mahasiswa IKIP BU harus mulai dilatih untuk terampil dan mandiri sesuai dengan bidang ilmu yang ditekuninya.

“Mahasiswa kami ini karakteristiknya jelas berbeda dengan perguruan tinggi negeri (PTN) yang potensi akademisnya bagus dan potensi finansialnya bagus. Setidaknya 80 persen mahasiswa kami tidak masuk kategori itu. Karenanya, kami mencoba mengemas pembelajaran dengan tidak hanya membekali teori saja, melainkan diberikan wawasan bahwa ada banyak peluang usaha yang bisa mahasiswa kembangkan sesuai dengan ilmunya,” ungkapnya.

Nurcholis menuturkan, pemahaman terhadap konsep ini terus dimatangkan di tingkatan dosen. Karena itu, selama dua hari ini para dosen mendapatkan pelatihan menyangkut kewirausahaan dan IT. Dua hal yang akan sangat berpeluang bisnis jika dikembangkan dengan benar. Jika para dosen sudah faham dengan tugasnya, selanjutnya diharapkan mahasiswa bisa mengembangkannya. Bahkan, IKIP BU sudah memiliki unit khusus yang bertanggung jawab memberikan keterampilan soft skills untuk seluruh civitas kampus. Yaitu bernama Unit Program Sertifikasi.

“Meski latar belakang kampus ini adalah IKIP, tapi kami berharap mahasiswa tidak hanya mempunyai wawasan menjadi guru saja. Akan lebih baik jika mereka juga punya keterampilan yang bisa dikembangkan sesuai dengan potensi yang dimiliki,” tuturnya. (oci/udi) (Lailatul Rosida/malangpost)

Iklan

Tinggalkan komentar

Filed under Pendidikan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s