Rapatkan Barisan, Antisipasi Pohon Tumbang

Memasuki musim hujan, antisipasi pohon tumbang mulai dilakukan Dinas Pertamanan. Kemarin, digelar rapat membahas kerawanan pohon tumbang. Sedangkan pekan depan, mulai disurvei kawasan rawan pohon tumbang. Rapat yang digelar di Dinas Pertamanan kemarin diikuti Polresta Malang, Dinas Pertanian, USAR Garuda, kalangan perguruan tinggi, Malang Post dan Perhutani. Kalangan perguruan tinggi yang hadir yakni UM dan Unitri.

“Kita akan lakukan kajian di lapangan bersama tim. Kajian ini tentunya survei dan memetakan kawasan yang rawan pohon tumbang,” kata Hadi Sunaryo, Kabid Pembibitan dan Penghijauan, Dinas Pertamanan usai memimpin rapat, kemarin siang.

Tim yang akan melakukan kajian itu kata dia, beranggotakan, Dinas Pertamanan, Polresta Malang, Dinas Pertanian, Perhutani, Unitri, UM, UMM,Unibraw, USAR Garuda dan kalangan LSM. Survei rencananya digelar pekan depan. Pemetaan kawasan pohon rawan tumbang ini sangat penting. Sehingga bisa diantisipasi demi keselamatan pengguna jalan umum. “Ini sebagai salah satu bentuk layanan pada masyarakat, menciptakan rasa aman dan nyaman,” jelasnya.

Lebih lanjut dia juga mengimbau warga untuk mengantisipasi pohon tumbang. Terutama saat hujan dan angin sedang terjadi. Antisipasi masyarakat ini sekaligus bentuk partisipasi masyarakat. Dalam rapat kemarin juga sempat dibahas tentang banyaknya pohon pelindung yang mati. Berdasarkan data Dinas Pertamanan, saat ini terdapat 227 pohon pelindung yang mati. 24 di antaranya mati pada bulan Oktober 2008.

“Penyebab matinya pohon pelindung ini disebabkan beberapa hal. Di antaranya, mati karena faktor alami. Selain itu juga diduga karena diracun oleh pihak tak bertanggungjawab,” jelasnya.
Pohon yang mati ini kata Hadi juga rawan tumbang. Karena itu, pihaknya segera melakukan pengecekan. “Yang sudah mati, akan dipotong. Ini demi keamanan pengguna jalan,” tandasnya. Sementara itu dalam rapat, USAR Garuda memberi saran kepada Dinas Pertamanan untuk menyiapkan HT. Tujuannya untuk memudahkan koordinasi dan sher informasi dengan jalur frekuensi HT milik USAR Garuda. (van/lim) (Vandri van Battu/malangpost)

Iklan

Tinggalkan komentar

Filed under Malang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s