Ujian Cambridge Digelar DI SMA 3

Seorang siswa sedang serius mengerjakan soal ujian Cambridge kemarin. (Lailatul Rosida /Malang Post)

Seorang siswa sedang serius mengerjakan soal ujian Cambridge kemarin. (Lailatul Rosida /Malang Post)

76 siswa dari delapan sekolah di Indonesia mengikuti ujian Cambridge di SMAN 3 Malang kemarin. Ujian sesi Oktober November ini dimulai sejak 15 Oktober lalu dan akan berakhir hingga 18 November. Sementara sesi sebelumnya, ujian digelar pada Mei Juni.

Menurut Koordinator Cambridge International Examination (CIE) SMAN 3 Malang, Retno Trisniwati, SMAN 3 Malang sebagai Centre of Cambridge mendapatkan hak untuk menggelar ujian. Pesertanya pun tidak hanya dari Malang tapi juga dari seluruh sekolah yang siswanya membutuhkan sertifikat Cambridge.
“Sebagai Centre Cambridge, SMAN 3 Malang berhak menyelenggarakan ujian. Tapi terkait soal hingga koreksinya tetap menjadi wewenang penuh Cambridge,” ungkapnya.

Untuk ujian sesi ini, untuk tingkat International General Certificate of Secondary Eduaciton (IGSE) diikuti siswa dengan pilihan enam mata pelajaran, untuk tingkatan o level ada tiga mata pelajaran, dan tingkat E level sebanyak dua mata pelajaran.

Diantaranya adalah mata pelajaran TI, English as Second Language (ESL), Matematika, Fisika, Biologi, Kimia dan Fisika. Selain siswa dari beberapa sekolah Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI), ada pula dua mahasiswa asing yang mengikuti ujian Cambridge di SMAN 3 Malang. Yaitu dua mahasiswa Malaysia yang menempuh studi di Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya (UB) Malang.

“Untuk mahasiswa, ujian Cambridge ini menjadi syarat wajib bagi mereka. Karena itu mereka memilih ikut di sekolah kami,” tegasnya.

Diakuinya, biaya ujian Camrdige di SMAN 3 Malang memang lebih murah dibandingkan sekolah yang ditunjuk sebagai Centre Cambridge lainnya. Karena itulah banyak yang berbondong-bondong mengikuti ujian di SMAN 3 Malang. (oci/eno)
(Lailatul Rosida/malangpost)

Iklan

Tinggalkan komentar

Filed under Malang, Pendidikan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s