Kampanye Karsa Disemprit Panwas

Penggunaan Graha Kertarejasa yang berada di komplek lembaga pendidikan dan Vihara Dhammadipa Arama Desa Mojorejo Kecamatan Junrejo Kota Batu, sebagai lokasi kampanye Cagub Soekarwo pada Rabu (29/10) kemarin, disoal Panwas Pilgub Kota Batu.

Pasalnya, lokasi yang digunakan kampanye Pakde Karwo untuk membagikan 800 paket sembako kepada masyarakat, berada di dalam Sekolah Tinggi Agama Budhha Kertarejasa Batu. Sesuai dengan PP. 6 tahun 2006 tentang penyelenggaraan Pemilu, ada larangan penggunaan tempat ibadah dan lembaga pendidikan sebagai lokasi kampanye.

“Lembaga pendidikan dan tempat ibadah tidak boleh digunakan sebagai lokasi kampanye,” kata Ketua Panwas Pilgub Kota Batu, AKP Budi Winarto di kantor Panwas Pilgub, kemarin.

Untuk menindaklanjuti pelanggaran kampanye itu, Panwas langsung memanggil pengelola gedung dan tim pemenangan pasangan Karsa, untuk dimintai keterangannya terkait dengan penggunaan lokasi yang dilarang untuk kampanye.

Dari pihak pengelola gedung diwakili Junari dan dari tim pemenangan Karsa Kota Batu yang hadir Tito, S. Keduanya dimintai keterangannya oleh anggota Panwas Pilgub Kota Batu. ketua
“Hasil pemeriksaan akan kami laporkan ke Panwas Provinsi Jatim. Jika ada unsur pidana akan dikirim ke Kepolisian, tapi masih banyak perlu keterangan. Panwas hanya administrasi, tindakan atau sanksi akan diserahkan ke KPU,” ungkapnya.

Seperti diketahui, hari pertama kampanye Pilgub putaran kedua, Cagub yang diusung Partai Demokrat memilih Malang raya sebagai lokasi kampanye simpatiknya. Kota Batu, Kabupaten Malang dan Kota Malang menjadi lokasi yang ditunjuk untuk menggelar kampanye pasangan Karsa. Tidak kurang dari 1800 paket sembako dibagikan kepada masyarakat.

Pengelola gedung Graha Kertarajasa, Jumari menyatakan pihaknya tidak mengatahui kalau gedung itu akan digunakan sebagai lokasi kampanye pasangan Karsa. Yang diketahuinya, gedung itu akan dipakai sebagai kegiatan sosial atau bagi-bagi sembako kepada warga miskin.

”Kami tidak ingin kecolongan kali kedua. Kami akan lebih selektif lagi saat meminjamkan gedung ini, meski gedung itu bisa disewakan secara umum,” ujarnya. (aim/eno)
(Muhaimin/malangpost)

Iklan

Tinggalkan komentar

Filed under Batu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s