Nyaris Terbitkan Ijazah Palsu

Dinas Pendidikan Kabupaten Malang nyaris menerbitkan ijazah palsu hasil Ujian Nasional Pendidikan Kesetaraan (UNPK) tahap II. Hal itu dikatakan Kepala Bidang Pendidikan Luar Sekolah (PLS) Abdul Haris kepada Malang Post, kemarin. Menurut Haris, penerbitan hasil UNPK itu nyaris dilakukan ketika pihaknya didatangi dua “orang penting”.

Menurut Haris (tanpa menyebut nama), dua oknum itu meminta penerbitan hasil UNPK dengan membawa surat pengantar dari Sanggar Kegiatan Belajar. Dalam surat itu disebutkan bahwa, ‘dua oknum’ itu telah menjalani UNPK. Mereka meminta Bidang PLS merekomendasi penerbitan ijasah UNPK.

“Nyaris saja, tapi setelah kami cek, ternyata dua orang itu tidak ada dalam nominasi (daftar). Disisi lain kami dapati, SKB Kepanjen tidak mempunyai murid dalam UNPK tahap dua,” ujar Haris.

Berdasarkan keterangan Haris, peserta UNPK tahap II terdiri dari Paket A, B dan C. Paket A terdiri dari 21 warga belajar (WB), paket B terdiri dari 212 WB dan paket C terdiri dari IPA (29 WB), IPS (147 WB). Dua nama oknum itu tidak terdapat dalam daftar peserta UNPK.

“Ujian itu mulai tanggal 11 November sampai 20 November, meski orang penting kalau tidak terdaftar kami tolak. Daripada diborgol (ditahan),” tegasnya.

Informasi yang dihimpun Malang Post, dua oknum itu adalah calon legislatif yang hendak mengikuti bursa Pemilihan Legislatif. Ijasah itu amat penting karena sebagai persyaratan untuk maju dalam bursa.
“Ya saya nggak berani mengeluarkan mas, untung staff saya ini sudah berpengalaman memeriksa data. Kepala SKB saat kmai panggil bersumpah tidak mengeluarkan surat pengantar tersebut,” pungkas Haris.(ary/eno)(Ary Wicaksono/malangpost)

Iklan

Tinggalkan komentar

Filed under Kabupaten Malang, Pendidikan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s