Pabrik Miras Banyak Maslahatnya

Meskipun diprotes oleh warga Wagir, tapi pabrik Miras PT Sumbersari Mekar Perkasa di Jalan Raya Pandanlandung, tetap didambakan sebagian warga lain.

Seperti disampaikan tokoh Pandanlandung, KH Abdurrohman Mesir, bahwa hampir semua karyawan yang bekerja di pabrik itu adalah warga Pandanlandung. Selain mempekerjakan 260 orang warga sekitar, juga memiliki sekitar 108 anak asuh. Setiap dua bulan perusahaan melakukan kegiatan sosial berupa pembagian sembako kepada warga kurang mampu.

“Kalau saya menilai, perusahaan itu banyak kemasyalakhatannya. Ketika RT atau RW meminta bantuan seperti paving atau penerangan, juga diberikan. Meskipun, usaha yang dilakukan pabrik adalah menjual minuman (keras),” kata Abdurrohman yang juga pengasuh Ponpes (Pondok Pesantren) Mabaroh Nurul Ulum.

Terhadap Miras yang diproduksi, Abdurrohman menjelaskan, pihaknya sudah memberikan batasan. Yakni, minuman yang diproduksi tidak dijual di wilayah sekitar Pandanlandung. Batasan itupun, nyatanya juga dipenuhi oleh perusahaan.

“Kalau pun kemarin terjadi peledakan, kemungkinan ya karena kurang kontrol saja. Harapannya, tentu lebih perhatian lagi kepada warga seperti pemberian jaminan keselamatan terhadap warga sekitar pabrik. Tapi kalau sampai penutupan pabrik, apakah hal itu sudah dipikirkan juga mengenai karyawan dan anak asuhnya,” ungkap Abdurrohman.

Tidak ubahnya Abdurrohman, ungkapan realistis juga disampaikan Ketua RW01, Mujiono. Wilayah pemerintah RW nya mencangkup seluruh gedung pabrik itu, menjelaskan kalau perhatian pabrik terhadap warga memang bagus. Selain memiliki anak asuh, juga ada pemberian sembako kepada warga.

“Selama 18 tahun saya di sini, kejadian ledakan tersebut, ya baru sekali ini. Kalau muncul wacana penutupan, lebih baik relokasi yang tidak jauh-jauh. Alasannya, tentu kembali ke karyawan dari warga Pandanrejo,” ungkap Mujiono. (sit/nun) (sigit rokhmand/malangpost)

Iklan

1 Komentar

Filed under Berita, Kabupaten Malang

One response to “Pabrik Miras Banyak Maslahatnya

  1. Wawan

    Yang namanya miras, apapun alasannya produk utama atau efek sampingnya tetap akan mendatangkan mudhorot dan haram hukumnya, jangan hanya melihat satu sisi karena bisa menampung tenaga lokal dan si pemilik bermurah hati karena banyak menyumbang.

    Komentar para Tokoh dan Ketua RT setempat jelas akan menyesatkan umat dan warga setempat, mereka akan mempertanggunajawabkan dukungan itu dihadapan Allah SWT kelak.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s