Gandeng Perusahaan Inggris, Hemat Rp 400 Juta

Marka jalan protokol di Kecamatan Gondanglegi cat ulang oleh Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kabupaten Malang,  atas bantuan Inggris.

Marka jalan protokol di Kecamatan Gondanglegi cat ulang oleh Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kabupaten Malang, atas bantuan Inggris.

Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kabupaten Malang berhasil menggandeng salah satu perusahaan asal Inggris ‘Keymate’. Dua institusi lintas negara itu bekerjasama dalam perbaikan marka jalan dan rambu-rambu jalur Lintas Kepanjen-Turen dan Kepanjen-Karangkates. Kerjasama itu mampu menghemat APBD Kabupaten Malang sebesar Rp 400 juta.

Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kabupaten Malang Soefianto mengatakan kerjasama itu terjalin lewat perwakilan Keymate di Pulau Bali. Menurut Soefianto, Keymate adalah raksasa Farmasi yang giat membantu negara dengan tingkat kecelakaan tinggi, termasuk Indonesia.

“Kita masukkan proposal, dan Keymate setuju membantu perlengkapan jalan, terdiri dari rambu-rambu dan perbaikan marka jalan. Itu menghemat APBD, estimasi dananya sekitar Rp 400 juta,” ungkap Soefi kepada Malang Post kemarin.

Ditambahkan, setelah kerjasama disepakati, tim Keymate turun ke Kabupaten Malang untuk survei lapangan. Hasilnya, Jalur Kepanjen-Turen dan jalur Kepanjen-Karangkates dipilih sebagai sasaran penambahan kelengkapan jalan.

“Jalur itu sering terjadi kecelakaan lalu lintas, harapannya pemasangan perlengkapan jalan itu mampu menekan angka kecelakaan hingga zero,” tegas Soefi.

Berdasarkan pantauan Malang Post, pekerja dari Keymate mulai mengecat ulang marka jalan protokol jurusan Kepanjen-Turen. Pantauan terakhir, pengecatan tersebut telah sampai di wilayah administrasi Kecamatan Gondanglegi. “Jumlah rambu dan kilometer pengecatan dihitung setelah selesai semua. Kurang lebih sekitar Rp 400 juta,” pungkas Soefi.

Sesuai data Dishub Kabupaten Malang, angka kecelakaan terus meningkat sepanjang tahun. Hal itu disebabkan kepemilikan kendaraan mengalami peningkatan, sekitar 12 persen untuk tahun 2008. Tahun 2007 lalu, jumlah kendaraan bermotor roda dua mencapai 172.000 unit, sedangkan kendaraan bermotor roda empat, mobil, sebanyak 48.000 unit.

“Tahun 2006, angka kecelakaan sebanyak 164 kasus, 8 meninggal dunia, 24 luka berat dan 199 mengalami luka ringan,” terang Kabid Teknis Keselamatan Transportasi Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kab. Malang, Untung Sudarto beberapa waktu lalu.(ary/nug)
(Ary Wicaksono/malangpost)

Iklan

Tinggalkan komentar

Filed under Kabupaten Malang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s