Mahassiwa UMM Demo Tolak Student Day

Ratusan mahasiswa Fakultas Ekonomi UMM kemarin menggelar aksi unjuk rasa menolak student day

Ratusan mahasiswa Fakultas Ekonomi UMM kemarin menggelar aksi unjuk rasa menolak student day

Dalam sejarah, Student Day di UMM ditolak mahasiswa. Sekitar 800 mahasiswa Fakultas Ekonomi (FE) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) kemarin menggelar aksi demo menolak kegiatan Student Day. Kegiatan wajib untuk mahasiswa baru (Maba) itu dianggap kurang mewadahi aspirasi mahasiswa. Terutama, mahasiswa yang tidak punya keterampilan apa-apa.

“Kalau hanya lomba-lomba saja isi dari kegiatan itu, maka tidak semua mahasiswa terwadahi. Karena tidak semua dari kami punya keterampilan. Karena itu kami menolak kegiatan Student Day ini,” ungkap Korlap Aksi Benny Irwanto.

Aksi penolakan ini ditandai dengan membakar ratusan kartu kendali yang digunakan sebagai bukti presensi kehadiran mereka di kegiatan yang rutin digelar Sabtu itu. Dengan aksi tersebut, mereka menyatakan tidak lagi mau aktif dalam setiap kegiatan student Day. Sebab, kegiatan itu tidak memberikan dampak signifikan untuk mereka. Bahkan ada kesan, yang terwadahi dalam kegiatan hanya mahasiswa yang punya keterampilan saja.

“Kami melihat bahwa sejak lima tahun terakhir, konsep Student Day monoton sekali. Isinya hanya lomba-lomba saja. Padahal sudah ada kegiatan yang namanya Dekan Cup dan Rektor Cup, lalu apa bedanya dengan kegiatan itu,” tukas mahasiswa FE angkatan 2004 itu.

Sementara Gubernur Mahasiswa FE UMM Alvan Jani menuturkan, kegiatan student day diharapkan bisa lebih bersifat intelektual. Misalnya saja dilakukan seminar dengan mendatangkan tokoh-tokoh nasional atau kegiatan lainnya. Karena itu mahasiswa terutama FE berharap, konsep student day tidak lagi diputuskan rektorat saja. Tapi mahasiswa harus ikut dilibatkan dalam menyusun konsep program ini.

Aksi long march di sepanjang jalan di dalam kampus kemarin dimulai dari Stadion UMM, dilanjutkan hingga di Helipad UMM. Di Helipad mahasiswa mengumumpulkan kartu kendali yang berwarna kuning dan membakarnya bersama-sama. Aksi bakar-bakaran ini sempat dihalau satpam kampus karena sudah mengarah pada anarkisme.

Sementara itu Ketua Panitia Student Day, Tongat menuturkan, agenda student day digelar dengan tujuan utama untuk menggali potensi dan mengembangkan potensi yang dimiliki mahasiswa. Sementara konsep student day selama ini diserahkan kepada masing-masing fakultas agar bisa mengemasnya sebaik mungkin. “Kalau memang mereka ingin ada seminar kenapa tidak, terserah saja. Karena student day ini memang hari untuk mahasiswa,” tuturnya.(oci/lim) (rosida/malangpost)

Iklan

1 Komentar

Filed under Berita, Pendidikan

One response to “Mahassiwa UMM Demo Tolak Student Day

  1. hidup darto…….student day g penting banget….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s