Olimpiade Matematika FMIPA UM Seru, Dikuti 3400 Peserta

Olimpiade Matematika yang digelar FMIPA UM kali ini jumlahnya tiga kali lipat dibandingkan tahun lalu.

Olimpiade Matematika yang digelar FMIPA UM kali ini jumlahnya tiga kali lipat dibandingkan tahun lalu.

Ajang Olimpiade Matematika 2008 yang digelar Himpunan Mahasiswa Matematika “Vektor” Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Malang (UM) dan didukung Malang Post ini berlangsung meriah. Olimpiade se Jawa Timur ini diikuti sekitar 3400 peserta. Jumlahnya meningkat dibandingkan gelaran tahun sebelumnya yang hanya 1000-an peserta. Peningkatan ini menunjukkan tingginya animo masyarakat di Jawa Timur dengan lomba-lomba olimpiade.

“Kami sangat surprised melihat peserta yang jumlahnya tiga kali lipat lebih banyak dibandingkan tahun lalu,” ungkap Ketua Panitia lomba Ni Luh Sakinah kepada Malang Post kemarin.

Diakuinya, tahun ini ada beberapa hal baru yang ditambahkan. Misalnya kepesertaan yang melibatkan siswa SD. Sehingga peserta lomba terbagi dalam kelompok SD, SMP dan SMA. Selain itu penjaringan pesertanya pun lebih diperluas. Beberapa rayon dimaksimalkan kinerjanya untuk menggaet peserta. Untuk wilayah barat ada delapan kota di antaranya Surabaya, Kediri, dan Gresik.

Untuk wilayah Timur ada delapan kota juga di antaranya Malang, Banyuwangi, Jember, Lumajang dan Madura. Pada babak semifinal kemarin, ada 92 peserta SMA yang lolos babak penyisihan, untuk SMP ada 84 peserta dan SD ada 32 peserta.

Lebih jauh Ina, panggilan akrab Ni Luh menuturkan ajang olimpiade ini ke depan diharapkan bisa menjadi rekomendasi bagi Diknas dalam menyelenggarakan ajang Olimpiade Sains Nasional (OSN). Sebab, dari segi kualitas soal tidak diragukan kualitasnya. Sebab penyusun soal melibatkan dosen UM yang juga sering kali terlibat sebagai pembina di OSN. Soal yang dibuat untuk lomba memang mengacu pada model soal OSN. Sehingga banyak peserta yang merasa bahwa olimpiade ini adalah latihan menjelang OSN.

Hari ini rencananya, final akan digelar untuk penentuan pemenang setiap tingkatan. Selain mendapatkan hadiah yang disediakan panitia, khusus untuk siswa SMA yang menjadi pemenang mendapatkan rekomendasi untuk masuk ke jurusan Matematika FMIPA UM tanpa tes. “Final besok (hari ini,red) akan berlangsung seru. Sebab model seleksinya seperti Siapa Berani. Ada sesi babak tawar menawar, dan mempertaruhkan nilai,” imbuhnya.(oci/lim) (rosida/malangpost)

Iklan

3 Komentar

Filed under Berita, Malang, Pendidikan

3 responses to “Olimpiade Matematika FMIPA UM Seru, Dikuti 3400 Peserta

  1. kuswanto

    pemgumumannya mana dan linknya?

  2. HAFIDH

    ADA DI WEBSITE: http://WWW.MAT-UM.ORG SEJAk tanggal 23 oktober 2008.

  3. Shendy

    Punya soalnya?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s