Hindari Masalah, Surat Pengunduran Caleg Diaktenotariskan

Tidak ingin terjadi permasalahan dibelakang hari, DPD PAN Kota Batu mengaktenotariatkan semua surat pengunduran diri 24 calon anggota legislatif (Caleg) yang akan maju dalam Pemilu 2004. Sesuai dengan kebijakan DPP PAN, perolehan suara terbanyak yang akan mereka gunakan dalam Pemilu 2009 mendatang.

Menurut Ketua DPD PAN Kota Batu, S. Minto Basuki surat yang dinotariatkan bukan surat perjanjian pengunduran diri seperti yang dilakukan pada Pemilu 2004 lalu. Tapi langsung surat pengunduran diri masing-masing Caleg dan tidak bersedia untuk dilantik sebagai anggota DPRD Kota Batu.

“Hanya tanggal surat yang dikosongkan. Tanda tangan dan identitasnya semua lengkap pada surat pengunduran masing-masing Caleg,” kata Minto kepada Malang Post, kemarin.

Ada beberapa surat yang di aktenotariatkan di notaris Agus Sasmito Batu, selain surat pengunduran diri masing-masing Caleg, juga ada surat persetujuan semua Caleg tentang persetujuan suara terbanyak yang akan menduduki kursi legislatif.

Surat semuanya itu disimpan rapi di notaris, DPD PAN Kota Batu, dan dikirim ke DPD PAN Jatim dan DPP. Semua berkas asli disimpan DPP PAN di Jakarta. Aturan itu dilakukan untuk menunjukan kesungguhan PAN dalam memberikan kesempatan terbuka kepada semuanya dalam Pemilu 2009, tidak hanya asal-asalan dalam menentukan keterbukaan.

“Lebih dari 30 persen atau kurang, tetap menggunakan suara terbanyak. Hal itu sudah disepakati bersama dan disosialisasikan kepada semua kader dan simpatisan PAN di Kota Batu,” ungkapnya.
Disinggung aturan pemerintah dan KPU yang tetap menggunakan sistem daftar nomor urut, ketua Badan Kehormatan (BK) DPRD Kota Batu itu tidak risau dengan aturan yang telah ditetapkan pemerintah. Dengan mengaktenotariatkan surat pengunduran diri masing-masing Caleg, partai secara institusi telah memberikan kekuatan hukum untuk tidak menggunakan hukum nasional yang telah ditetapkan pemerintah.

“Kebijakan itu tidak hanya dilakukan PAN di Kota Batu saja. Semua daerah menggunakan sistem yang sama. Karena hal itu kebijakan DPP yang harus dilakukan semua pengurus mulai pusat hingga daerah,” pungkasnya. (aim)
(Muhaimin/malangpost)

Iklan

Tinggalkan komentar

Filed under Batu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s