UN 2009, Penerapan KTSP Belum 100%

Penerapan perdana kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) dalam ujian nasional (UN) 2009 mendatang belum murni 100 persen. Tahap penerapannya masih interseksi (perpaduan) dengan kurikulum 2004. Materi yang ada dalam KTSP tidak semuanya diujikan dalam UN April 2009. Hanya materi-materi yang sama dengan yang ada dalam kurikulum 2004 yang diambil untuk materi UN.

Pengamat pendidikan Malang Kamilun Muhtadin menjelaskan, penerapan kurikulum ada proses interseksi. Tidak langsung berubah. Perpaduan itulah yang memberikan kesempatan siswa beradaptasi. Baru setelah setahun interseksi, maka tahun berikutnya diterapkan KTSP murni.

Menurut mantan Kadiknas Kabupaten Malang ini, proses interseksi dengan cara menyandingkan dua kurikulum tersebut. Yang ada dalam kurikulum 2004 diambil semua, sedangkan yang ada dalam kurikulum KTSP diambil sebagian yang sama dengan kurikulum 2004. Dari perpaduan itulah, materi diolah menjadi soal UN 2009.

Misalnya untuk kelas IX SMP, materi logaritma tidak diajarkan dalam kurikulum 2004. Namun diajarkan dalam KTSP. Karena masih interseksi, maka materi logaritma untuk April 2009 tidak masuk dalam materi UN. “Jadi yang tidak ada di kurikulum 2004 tidak di-UN kan,” kata Kamilun.

Untuk penerapan KTSP murni, bakal dilakukan 2010. Sebab siswa SMP yang sekarang kelas VIII dan siswa SMA yang sekarang kelas X sudah mendapatkan materi KTSP murni. Tidak lagi materi interseksi.

Seperti diberitakan, Ujian Nasional (UN) yang digelar April 2009 mendatang bakal menjadi UN perdana yang mengacu pada kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP). Dengan ketentuan tersebut, SMA negeri yang telah mencapai standar nasional wajib mengimbaskan pemahaman KTSP-nya pada sekolah lain. Meski perdana, penerapan KTSP tidak murni 100 persen. (yos/lia/radarmalang)

Iklan

Tinggalkan komentar

Filed under Indonesia, Pendidikan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s