Batu Gelar Lomba Sapi Perah

lomba-sapi-perrahPeringatan hari jadi ke-7 Kota Batu bakal dimeriahkan dengan aneka lomba kerakyatan produk unggulan Kota Batu. Pada 10 dan 13 November mendatang, panitia hari jadi Kota Batu akan menggelar lomba sapi perah dan festival apel Batu. Untuk mencari sapi perah dan apel terbaik yang ada di Kota Batu.

Menurut Sekretaris Panitia Hari jadi Kota Batu, Sinal Abidin, semua masyarakat yang memiliki pohon apel dan sapi perah dapat mengikuti lomba yang digelar baru kali pertama. Untuk sampai ditingkat Kota Batu, peserta akan mengikuti seleksi di masing-masing kecamatan.

“Nantinya, masing-masing kecamatan ada tiga sapi perah terbaik dan apel terbaik yang akan dilombakan ditingkat Kota Batu. Untuk dicari terbaik 1 sampai 3,” kata Sinal kepada Malang Post, kemarin.

Dijelaskannya, sapi perah terbaik akan dinilai dari kesehatan, jumlah susu yang dihasilkannya dan berat ideal sapinya dam unsur teknis penunjang lainnya. Begitu juga dengan festival apel akan dinilai dari kesehatan pohonnya, besarnya buah yang dihasilkan dan kelebatan buah yang dihasilkannya. Semua akan dinilai tim ahli dari Dinas Pertanian dan pihak lainnya yang berkompeten.

Lomba sapi perah dan apel Batu untuk meningkatkan produk unggulan yang dimiliki Kota Batu. Batu memiliki banyak peternak sapi perah dan menjadi salah satu daerah penghasil susu segar di Jawa Timur. Sedangkan, apel Batu sudah tersohor di mana-mana. Hanya saja, belakangan mulai meredup.
“Lomba hanya untuk tanaman dan peternak rakyat. Kebun atau peternak yang dikelola industri tidak bisa mengikuti lomba,” ungkapnya.

Usulan lomba sapi perah dan festival apel Batu tidak terlepas dari gagasan yang pernah disampaikan Ketua DPRD Kota Batu, Mashuri Abdul Rochim dalam rapat paripurna DPRD Kota Batu beberapa waktu lalu. Pasalnya, dalam agenda kegiatan yang disusun panitia hari jadi belum memasukan kegiatan yang menyentuh langsung dengan potensi yang ada di masyarakat. Padahal, potensi itu dapat dikembangkan dan dipromosikan kepada masyarakat luas.

Bahkan, dengan bahasa guyon Mashuri meminta wali kota dan pimpinan dewan untuk memberikan hadiah lomba-lomba itu, jika hadiah untuk lomba itu belum tercover. Sehingga, kegiatan lomba itu dapat tetap terlakana dengan baik.

“Kota Batu memiliki jumlah sapi perah yang besar. Mungkin nanti bisa dilombakan sapi perah terbaik yang memiliki jumlah dan kualitas susu segar yang banyak dan baik. Begitu juga dengan apel, dilombakan besar-besaran buah apel,” ujarnya.

Gagasan itupun ditanggapi dengan baik Wali Kota Batu, Eddy Rumpoko yang hadir dalam rapat paripurna itu. Dengan memasukan aneka lomba itu dalam jadwal kegiatan yang digelar panitia hari jadi. Untuk kegiatan peringatan hari jadi Kota Batu, Pemkot Batu telah menganggarkan sebanyak Rp 500 juta. (aim/adv) (Muhaimin/malangpost)

Tinggalkan komentar

Filed under Batu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s