Grebeg Singhasari Momen Kebangkitan Budaya Malang

Even tahunan Grebeg Singhasari kembali dilaksanakan pada 30 November mendatang. Even tahun ini juga menjadi momen membangkitkan kebersamaan para seniman di Kabupaten Malang.

Ketua Panitia Grebeg Singhasari Sugiyanto menjelaskan, Grebeg Singhasari tahun ini digelar di Kota Kepanjen. Dimulai dari depan Polres Kepanjen dan berakhir di Stadion Kanjuruhan. Semua kesenian khas Malang akan tampil di sepanjang jalan itu. “Ada tayub, jlegur, wayang orang, dan masih banyak lagi.” ujarnya.

Dia berharap, para seniman yang ada di kabupaten bisa berpartisipasi dalam kegiatan tersebut. Selanjutnya memiliki rasa kebersamaan untuk membangkitkan pariwisata di kabupaten. “Tanpa kebersamaan para seniman, mustahil wisata budaya dikabupaten bisa maju,” katanya.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Malang Purnadi menambahkan, Grebeg Singhasari sebagai upaya untuk mengangkat kembali kekayaan budaya di Malang Raya yang dulu terkenal. Kerajaan Singhasari adalah cikal bakal lahirnya kerajaan yang mampu menaklukkan nusantara. “Kami ingin mengangkat kembali semangat Singhasari yang penuh sejarah itu,” ujarnya.

Menurut dia, sejatinya kabupaten memiliki ragam budaya dan potensi alam yang sangat indah. Hanya, karena kurang promosi, saat ini kurang diminati para turis mancanegara. Dia berharap dengan evan budaya yang konsisten seperti Grebeg Singhasari ini, ke depan kabupaten menjadi salah satu jujugan wisata budaya di Jatim. (lid/ziz/radarmalang)

Iklan

Tinggalkan komentar

Filed under Kabupaten Malang, Pariwisata

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s