Harga Home Appliances Naik Hingga 5 Persen

Harga barang-barang elektronik mulai merangkak naik menyusul krisis global di Amerika Serikat beberapa minggu lalu. Branch Manager Sharp Malang, Thomas Setio, kepada Malang Post mengungkapkan, harga home appliances yang dikeluarkan Sharp mulai naik karena beberapa bagian dari peralatan tersebut diimpor dari Jepang.

“Setidaknya untuk harga home appliances mengalami kenaikan sekitar 3 hingga 5 persen dari sebelumnya. Kenaikan berlaku mulai bulan November ini. Barang-barang tersebut seperti mixer, blender, lemari es, AC, mesin cuci dan lain-lainnya. Hal itu tidak bisa dihindari akibat krisis global yang terjadi,” ujarnya.

Sementara itu Thomas menambahkan, TV LCD Aquos yang kini gencar dikenalkan kepada masyarakat mendapat sambutan cukup bagus. Artinya, kata dia, masyarakat sudah terbiasa dengan TV LCD.
Aquos adalah TV LCD yang paling besar produk Sharp. “TV Aquos berukuran mulai 19 inch hingga yang terbesar 65 inch. Aquos 65 inch tampaknya yang paling diburu masyarakat,” cetus Thomas, meski belum bisa menyebutkan angka riil penjualan Aquos.

Kenaikan harga beberapa barang ini juga terjadi di toko elektronik seperti Hartono Elektronika. Asisten Store Manager, Catur Widodo mengatakan, kenaikan harga tersebut terutama terjadi pada laptop. “Khusus untuk laptop, kami memasang bandrol dalam US Dollar. Kami tidak berani menggunakan rupiah,” ujarnya.

Catur mengatakan, kenaikan harga tersebut ternyata juga dibarengi dengan menurunnya penjualan. Dia mencontohkan, biasanya, penjualan momen weekend naik hingga 10 persen sampai 15 persen. “Namun, weekend kemarin, penjualan kami ternyata sama dengan hari-hari biasa,” jelas Catur.

Lebih lanjut Catur mengungkapkan, menurunnya penjualan di Hartono Elektronika tersebut disebabkan karena masyarakat masih menunggu kondisi normal. “Mungkin mereka mengharap harga akan turun. Oleh karenanya, keinginan membeli barang elektronik ditahan dulu,” pungkas Catur. (sin/han)
(Sinyo Suwignyo/malangpost)

Iklan

Tinggalkan komentar

Filed under Indonesia, Malang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s