Tagihan Listrik Dilunasi, Rumdis Wabub Sempat Diputus

Pemkab Malang melalui Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset (DPPKA) langsung melunasi tunggakan rekening listrik pada pihak APJ (Area Pelayanan Jaringan) PLN Malang. Nominal tunggakan yang dilunasi yakni rekening PJU (Penerangan Jalan Umum) sebesar Rp 911 juta dan tunggakan Gedung Perkantoran sebesar Rp 61 juta.

Asisten Manajer Niaga APJ PLN Malang Djoko PW kepada Malang Post mengatakan, pembayaran tersebut di-handle Bagian Keuangan DPPKA Sucipto, kemarin.

Dengan demikian, dikatakan Djoko, pihaknya langsung memberikan instruksi agar seluruh unit secepatnya menyambung aliran listrik di 336 Ipel (Identitas Pelanggan) PJU atas nama Pemkab.
‘’Sudah dibayarkan mas, tadi pagi. Pemkab juga memberikan kesanggupan membayar rekening pada bulan selanjutnya,’’ tegas Djoko.

Djoko menambahkan, seluruh Pemerintah Daerah termasuk Pemkab Malang mempunyai Pajak PJU dari para pelanggan. Menurut Djoko, Pajak PJU itu tidak bakal diberikan sebelum Pemkab melunasi rekening listrik mereka. Dia mengatakan rekening listrik yang terbayar oleh Pemkab jumlahnya sekitar Rp 1,769 Miliar.

‘’Terdiri dari PJU Reguler Rp 911 juta, Listrik gedung perkantoran Rp 61 juta dan PJU pedesaan senilai Rp 797 juta. Pemkab Malang sudah membayar PJU pedesaan terlebih dahulu,’’ ujarnya.

Djoko mengaku, staf PLN terlalu bersemangat memutus listrik di lingkungan Pemkab Malang. Sehingga rumah dinas milik Wakil Bupati Rendra Kresna sempat dipadamkan.

Namun, dia langsung memerintahkan agar Rumah Dinas itu dinyalakan kembali. ‘’Pemadaman itu (di rumah Wabub) keliru mas, terlalu bersemangat,’’ pungkasnya.

Terpisah, Wakil Bupati Rendra Kresna membenarkan adanya pemadaman di Rumah Dinas yang ditempatinya. Secara umum, Rendra mengaku kecewa terhadap sikap pemutusan yang dilakukan PLN baik terhadap PJU maupun yang lainnya. Pasalnya, Pemkab dan PLN sudah bekerja sama amat lama dan tak sedikit peran Pemkab soal PJU liar.

‘’Kerjasama kita sudah cukup lama, saya sesalkan hal ini terjadi. Kalau PJU liar dibiarkan PLN bisa low size,’’ ujar Rendra.

Ketua DPD SPSI Provinsi Jawa Timur itu menambahkan, memang pada saat penyusunan anggaran, diketahui pembayaran hanya cukup sampai bulan Oktober.

Menurut Rendra, Pendapatan Pajak PJU Kabupaten Malang sebesar Rp 1,9 miliar per bulan. Sedangkan rekening yang dibayarkan Rp 1.7 miliar, padahal dana dianggarkan Rp 1,3 miliar. (ary/avi)
(bagus ary/malangpost)

Iklan

Tinggalkan komentar

Filed under Kabupaten Malang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s