507 Guru Pertanyakan Kelulusan Sertifikasi

Sejumlah 507 dari 1.080 peserta sertifikasi guru Kota Malang 2008 tengah dilanda kebingungan. Penyebabnya, kabar kelulusan mereka tak kunjung jelas. Surat tim Panitia Sertifikasi Guru (PSG) Universitas Negeri Malang kepada Diknas Kota Malang hanya berisi nama-nama peserta PLPG (pendidikan dan latihan profesi guru) 2008.

Seorang guru, sebut saja Anis di kantor diknas kemarin mengungkapkan, dia sengaja datang untuk melihat pengumuman peserta PLPG. Ketika dirunut, namanya tidak tercantum dalam daftar. Ketika bertanya kepada staf bagian fungsional dan tenaga kependidikan, tidak ada jawaban pasti. “Nama saya tidak ada dalam daftar peserta PLPG. Saya bingung, lulus apa tidak,” kata ibu berkerudung ini.

Kabid Fungsional dan Ketenagaan Diknas Kota Malang Zubaidah menerangkan, yang diterima terlebih dahulu oleh diknas adalah peserta PLPG berjumlah 573 orang. Mereka wajib ikut PLPG agar nantinya bisa lulus dan mendapatkan sertifikat pendidik.

Sesuai aturan, peserta PLPG bisa dikatakan tidak lulus murni seleksi portofolio. Mereka harus diklat terlebih dahulu untuk kemudian diseleksi kembali dan dipilih yang layak menerima sertifikat. “Yang pasti mereka tidak lulus murni. PLPG-nya digelar mulai 5 hingga 13 Nopember,” ungkap Zubaidah.

Soal nasib 507 peserta sertifikasi lainnya, Zubaidah mengaku belum tahu. Apakah mereka lulus semua, lulus sebagian, atau malah tidak lulus sama sekali. Semuanya belum diinformasikan kepada diknas. Selain guru, pihaknya pun juga telah bertanya kepada PSG UM. Namun belum ada jawaban pasti. “Nah itu, kami juga banyak ditanyai guru-guru dan belum bisa menjawab,” katanya.

Mantan kabid pendidikan luar sekolah (PLS) ini meminta para guru sabar menunggu. Sebab, pihak PSG pasti akan mengumumkan kelulusannya dalam waktu dekat. Sesuai target sebelumnya, akhir 2008 nama-nama peserta yang lulus berikut sertifikatnya akan diterbitkan oleh Ditjen Peningkatan Mutu Pendidik Tenaga Kependidikan Depdiknas. (yos/lia/radarmalang)

Iklan

Tinggalkan komentar

Filed under Berita, Malang, Pendidikan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s