Batu Butuh Dana Rp 26,5 Miliar Untuk Bangun 3 Waduk

Rencana pembangunan tiga waduk di wilayah Kota Batu mulai direalisasi. Penyusunan DED (Detail Engineering Design) pembangunan waduk yang menghabiskan anggaran sebesar Rp 26,5 miliar itu, juga sudah mulai dikerjakan oleh Dinas Sumber Daya Air dan Energi (SDAE) Pemkot Batu. “Begitu anggarannya disetujui, penyusunan DED langsung kami kerjakan,” kata Kepala SDAE Pemkot Batu Hendro Prasetyo, siang kemarin.

Dia menyebutkan anggaran yang dialokasikan untuk penyusunan DED itu sebesar Rp 450 juta. Masing-masing DED waduk dialokasikan anggaran sebesar Rp 150 juta. Itu setelah pengajuan anggaran SDAE mendapatkan persetujuan dari wakil rakyat. Dengan tuntasnya penyusunan DED itu, diharapkan pembangunannya bisa segera dilakukan. “Mudah-mudahan tahun depan sudah bisa dilaksanakan,” katanya.

Hendro lantas menyebutkan, pembangunan tiga waduk itu, anggarannya tidak sepenuhnya bersumber dari APBD Pemkot Batu. Dana tersebut terlalu besar untuk ukuran Pemkot Batu. Karena itu dana lain untuk pembangunan tiga waduk tersebut bersumber dari Departemen Pekerjaan Umum. Sementara, Pemkot Batu hanya dibebani syarat pembebasan lahan dan penyusunan DED. “Supaya terealisasi pembangunan waduk, makanya kami sekarang menyusun DED-nya,” kata dia.

Dia mengakui, hingga saat ini Pemkot Batu belum memiliki waduk. Padahal, keberadaan waduk itu banyak memberikan manfaat. Di antaranya, sebut dia, waduk bermanfaat untuk menjaga penyediaan air baku, cadangan air baku, ketersediaan air PDAM, ketersediaan jaringan irigasi, menjaga kelestarian tanah dan air. “Tidak menutup kemungkinan, ke depannya juga menjadi kawasan wisata air, dan sumber energi mikro hidro,” kata dia.

Hendro lantas menyebutkan, rencana pembangunan waduk tersebut menyebar pada tiga titik. Antara lain, Waduk Kasinan, di Kelurahan Pesanggrahan, Batu; Waduk Mini Tlekung, di Desa Tlekung, Junrejo; dan Waduk Mini Kalilanang, di Desa Pandanrejo Bumiaji. Penetapan lokasi tersebut, karena pada kawasan tersebut cukup mendukung keberadaan pembangunan waduk. (yak/abm/radarmalang)

Iklan

Tinggalkan komentar

Filed under Batu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s